Memo Service adalah startup yang bergerak di bidang on-demand service untuk service unit
HVAC. Pada tahun 2020, CEO Memo Service melakukan riset bisnis untuk pivot, menargetkan
manajemen gedung sebagai pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan
pelanggan, menggunakan kanvas model bisnis yang sesuai, dan implementasi bisnis.
Penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan purposive sampling untuk metode
pengumpulan data dan analisis industri menggunakan analisis PESTLE, analisis 5 porter,
analisis TOWS, dan analisis Root Cause.
Data yang didapatkan dari hasil interview diolah menjadi value preposition untuk mendapatkan
ide produk, validasi ide menggunakan javelin board, dan membuat analisis teknis. Setelah itu,
dideskripsikan pada lean canvas.
Kesimpulannya, pelanggan ingin melakukan manajemen service unit HVAC secara efektif,
supaya unit HVAC tidak cepat rusak. Dari problem yang dihadapi customer, diperlukan sistem
manajemen service HVAC yang bisa terintegrasi dengan vendor dan principal, untuk bisa
menyelesaikan masalah pelanggan seperti ketersediaan sparepart dan masalah teknikal.