digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Adhin Novrizal Rahmat
PUBLIC Alice Diniarti

Dewasa ini masyarakat menggunakan kendaraan roda 4 sebagai sarana mobilitas perorangan yang nyaman. Meskipun kendaraan roda-3 Tadpole mampu menawarkan kenyamanan sekelas mobil dan konsumsi energi mendekati sepeda motor, namun kendaraan ini lebih mudah mengalami rollover dibanding kendaraan roda 2 dan 4. Ide dari tugas sarjana ini adalah merancang mekanisme kombinasi kemudi belok dan roda miring (tilt) yang diharapkan mampu menaikkan tingkat stabilitas lateral kendaraan roda-3 Tadpole. Proses desain dillakukan pada mekanisme kemudi kendaraan Tadpole yang digunakan untuk kompetisi hemat energi. Mekanisme aktuasi roda miring diterapkan dengan komponen pin geser pada knuckle. Metode penyambungan gerak antara roda miring dan kemudi direalisasikan dengan mekanisme scotchyoke sebagai aktuator. Perakitan total awal diverifikasi secara kinematik, apakah memenuhi kaidah Ackermann dan apakah memperbaiki kecepatan kritis. Hasil yang berarti adalah perbaikan kecepatan kritis sebesar 18 %. Kekuatan desain awal diuji pada kondisi berbelok tunak dengan metode elemen hingga. Dari analisis, didapatkan dudukan bearing rod end dan body pada bearing rod end bawah sebagai komponen kritis. Proses iterasi desain melibatkan penebalan dudukan bearing rod end dan penggantian material body pada bearing rod end.