Dewasa ini masyarakat menggunakan kendaraan roda 4 sebagai sarana mobilitas
perorangan yang nyaman. Meskipun kendaraan roda-3 Tadpole mampu menawarkan
kenyamanan sekelas mobil dan konsumsi energi mendekati sepeda motor, namun kendaraan
ini lebih mudah mengalami rollover dibanding kendaraan roda 2 dan 4. Ide dari tugas sarjana
ini adalah merancang mekanisme kombinasi kemudi belok dan roda miring (tilt) yang
diharapkan mampu menaikkan tingkat stabilitas lateral kendaraan roda-3 Tadpole.
Proses desain dillakukan pada mekanisme kemudi kendaraan Tadpole yang
digunakan untuk kompetisi hemat energi. Mekanisme aktuasi roda miring diterapkan dengan
komponen pin geser pada knuckle. Metode penyambungan gerak antara roda miring dan
kemudi direalisasikan dengan mekanisme scotchyoke sebagai aktuator. Perakitan total awal
diverifikasi secara kinematik, apakah memenuhi kaidah Ackermann dan apakah
memperbaiki kecepatan kritis. Hasil yang berarti adalah perbaikan kecepatan kritis sebesar
18 %.
Kekuatan desain awal diuji pada kondisi berbelok tunak dengan metode elemen
hingga. Dari analisis, didapatkan dudukan bearing rod end dan body pada bearing rod end
bawah sebagai komponen kritis. Proses iterasi desain melibatkan penebalan dudukan bearing
rod end dan penggantian material body pada bearing rod end.