Article Details

PEMODELAN STOCKPILE ROM PIT BATUBARA TERSENTRALISASIMENGGUNAKAN ANALISIS ACTIVITY BASED COSTING DALAM INISIATIF UNTUK MENGURANGI UNIT COST DI DEPARTEMEN COAL MINING PT. KALTIM PRIMA COAL

Oleh   Ricky Akhmad Chaniago [29119408]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr.Eng. Nur Budi Mulyono, S.T., M.T.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Activity Based Costing, Coal Mined, Penambangan Batubara, Reklaim Batubara, ROM Pit Stockpile, ROM Stockpile, Unit Cost.
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2022-01-15 12:34:28

PT. Kaltim Prima Coal (PT KPC) merupakan perusahaan pertambangan batubara yang ditempatkan di proyek Sangatta, dimana pada saat ini sedang melakukan perbaikan untuk terus meningkatkan laba untuk setiap tonase batubara. Pada tahun 2020, perubahan harga batubara di pasar dunia sebagian besar merupakan dampak dari situasi pandemi di seluruh belahan dunia. Perubahan harga ini mendorong PT Kaltim Prima Coal untuk mengambil berbagai inisiatif untuk menjaga marjin agar tetap positif sehingga dapat bertahan di tengah kondisi fluktuasi harga. Departemen Coal Mining di bawah Divisi Operasional Pertambangan yang bertanggung jawab atas aktivitas penambangan Batubara di MOD Division, telah mengidentifikasi beberapa bagian yang berpotensi dapat ditingkatkan terkait kegiatan operasionalnya. Dibandingkan dengan pesaing PT. Thiess Contractor Indonesia dan PT PAMA, Departemen Pertambangan Batubara memiliki beberapa parameter unik yang membuat biaya /unit jauh lebih tinggi daripada pesaing. Saat ini unit cost aktual ytd 2020 untuk seluruh Departemen Coal Mining adalah 2.17 ($/ton). Kontributor terbesar 3 berasal dari kegiatan penambangan batubara, rehandle batubara dan juga pengangkutan batubara. Untuk kegiatan penunjang dan pemeliharaan jalan batubara secara keseluruhan sama dengan tarif kontraktor. Sebenarnya ada 3 aktivitas utama yang diterapkan untuk praktek saat ini yatu, proses penambangan batubara, proses reclaim batubara dan juga proses rehandle batubara. Termasuk di dalamnya adalah coal crushed yang merupakan proses atau tahapan pengangkutan material batubara dari stockpile (ROM Pit & ROM) dan juga dari Pit ke crusher. Tugas akhir ini akan mencari akar penyebab tingginya unit cost Departemen Coal Mining dengan menggunakan pemodelan ABC (Activity Based Costing) dan menggunakan analisis driver tree. Metodologi penelitian adalah dengan melakukan beberapa studi literatur dan analisis pada laporan aktual vs anggaran dari departemen Coal Mining tahun 2020, dan juga melakukan beberapa modifikasi pada aktivitas utama pemuatan, pengangkutan dan juga reklaim untuk mengusulkan solusi demi mengurangi biaya unit keseluruhan dari Departemen Coal Mining.