2021 SK PP R. B. M. Cemal Ecmal Rachmat [19018081] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2021 SK PP R. B. M. Cemal Ecmal Rachmat [19018081] - List of Contents
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2021 SK PP R. B. M. Cemal Ecmal Rachmat [19018081] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2021 SK PP R. B. M. Cemal Ecmal Rachmat [19018081] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2021 SK PP R. B. M. Cemal Ecmal Rachmat [19018081] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2021 SK PP R. B. M. Cemal Ecmal Rachmat [19018081] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2021 SK PP R. B. M. Cemal Ecmal Rachmat [19018081] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa 2021 SK PP R. B. M. Cemal Ecmal Rachmat [19018081] - References
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Komunitas virtual denim di Indonesia merupakan salah satu bentuk upaya para penggemar denim untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang berjalan sangat cepat. Ulasan produk denim yang disediakan secara daring dalam komunitas virtual denim dipercaya dapat menjadi faktor penting bagi calon konsumen untuk menentukan keputusan pembelian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh apa yang dapat diberikan oleh ulasan produk denim daring terhadap keputusan pembelian konsumen serta faktor-faktor eksternal apa saja yang dapat juga mempengaruhinya, penelitian juga memberikan rekomendasi untuk denim brand marketers dan denim virtual community untuk dapat memaksimalkan perkembangan industri denim di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang dianalisis dengan teknik open coding dan kuesioner online terhadap 207 partisipan dalam denim virtual community yang dianalisis dengan PLS-SEM untuk mengevaluasi hubungan antara faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat belas faktor yang berpotensi memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari seluruh faktor yang diuji, sepuluh dari delapan belas hipotesis yang diuji terbukti memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap purchase decision, dengan kesimpulan bahwa ulasan produk daring memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap purchase decisions. Faktor group norms, past behavior, perceived behavioral control, dan social identity juga terbukti memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan referensi terkait perilaku keputusan pembelian konsumen setelah menerima stimulasi dari ulasan produk daring. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pemasar brand denim untuk lebih memahami keputusan pembelian calon konsumen mereka juga bagi komunitas virtual denim untuk memaksimalkan konten dan pengaruh yang mereka berikan.
Perpustakaan Digital ITB