Indonesia menjadi salah satu negara dari ekspansi global fashion mewah ke pasar-pasar
berkembang. Indonesia memiliki individu yang memiliki kekayaan tinggi dalam jumlah besar
yang terus meningkat secara stabil, meningkatkan penjualan produk-produk fashion mewah.
Industri fashion mewah di Indonesia diprediksi berkembang 7.98% setiap tahunnya.
Konsumen-konsumen muda di Indonesia telah menunjukkan potensinya untuk dipikat oleh
perusahaan-perusahaan fashion mewah. Selaras dengan pendapatan lebih besar dan paparan
fashion mewah yang diperoleh oleh konsumen-konsumen muda di Indonesia, hal ini
diprediksi akan selaras dengan meningkatnya nilai-nilai materialisme. Nilai-nilai
materialisme telah terbukti dengan positif mempengaruhi konsumsi merek mewah di
beberapa negara dan terdiri dari pengakuan sosial, penampilan menarik, kesuksesan finansial,
pendefinisian kesuksesan, pemusatan perolehan dan pengejaran kebahagiaan. Akan tetapi,
belum jelas apakah nilai-nilai materialisme juga berpengaruh terhadap konsumen-konsumen
fashion mewah muda di Indonesia. Riset ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi variabel
dari nilai-nilai materialisme yang dengan positif mempengaruhi niat pembelian dan
memberikan rekomendasi yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan fashion
mewah untuk menghasilkan strategi pemasaran yang lebih kuat. Metode kuantitatif
menggunakan kuesioner daring digunakan dengan teknik judgemental sampling. Data yang
dikumpulkan dari 317 responden dites menggunakan PLS-SEM. Hasil temuan riset
menunjukkan bahwa variabel berpengaruh dari nilai-nilai materialisme yang secara positif
mempengaruhi keterlibatan merek dalam konsep diri dan memiliki efek positif tidak langsung
terhadap niat pembelian dari efek terkuat ke terlemah adalah pemusatan perolehan,
penampilan menarik, pengejaran kebahagiaan dan pengakuan sosial. Rekomendasi yang
dapat diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan fashion mewah adalah merancang
iklan dan kampanye yang dapat membawa perasaan konsumen terkait variabel dari nilai-nilai
materialisme yang berpengaruh tersebut.
Perpustakaan Digital ITB