Pengerjaan asesmen pemrograman merupakan aktivitas yang penting untuk
dilakukan dalam proses pembelajaran pemrograman. Saat ini, Situs Kuliah ITB
yang merupakan platform pembelajaran bagi mahasiswa belum secara khusus
memfasilitasi pengerjaan asesmen pemrograman bagi mahasiswanya. Hal tersebut
menyebabkan kebutuhan pengerjaan asesmen pemrograman harus difasilitasi oleh
platform lain dan menimbulkan permasalahan baru karena terdapat banyaknya
platform pengerjaan asesmen yang digunakan oleh mahasiswa, padahal Situs
Kuliah ITB seharusnya dapat digunakan dengan maksimal. Oleh karena itu,
dibutuhkan suatu perancangan iteraksi pengerjaan asesmen pemrograman online
untuk Situs Kuliah ITB.
Metafora utama yang digunakan pada penelitian ini adalah Olympia sebagai situs
yang biasa digunakan oleh mahasiswa ITB. Akan tetapi, ternyata masih terdapat
berbagai permasalahan desain interaksi pada Olympia yang harus diselesaikan
untuk dapat diterapkan pada Situs Kuliah ITB. Pendekatan task-centered design
digunakan pada penelitian tugas akhir ini karena membagi aktivitas pengerjaan ke
berbagai task yang dilakukan pengguna namun tetap berfokus kepada kebutuhan
pengguna (user-centered). Pada penelitian ini dilakukan wawancara, observasi, dan
penyebaran kuesioner untuk mengetahui permasalahan dan perilaku pengguna,
melakukan identifikasi task, analisis kebutuhan, pembuatan prototipe dan evaluasi.
Hasil akhir dari penelitian tugas akhir ini adalah prototipe high-fidelity yang dibuat
dengan kakas pemrograman web Vue.js.
Pengujian dilakukan kepada pengguna untuk memastikan aplikasi sudah sesuai
dengan kebutuhan pengguna, ditandai dengan tercapainya usability dan user
experience goals yang diinginkan yaitu effective, easy to use, satisfying, dan helpful.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe sudah efektif dengan nilai
completion rate sebesar 100%. Aspek easy to use dan satisfying untuk level task
dengan nilai SEQ sebesar 6,77 dari skala 7. Aspek helpful dan satisfying untuk level
test atau keseluruhan aplikasi dengan nilai SUS sebesar 98 dari skala 100.
Perpustakaan Digital ITB