ABSTRAK Kelvin Rayhan Alkarim
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pembelajaran pemrograman merupakan tantangan bagi pemula, bukan hanya
karena sifatnya yang abstrak, tetapi juga karena kesulitan dalam membentuk model
mental yang akurat mengenai cara kerja program. Penelitian ini mengkaji
permasalahan tersebut dengan mengembangkan platform pembelajaran
computational thinking berbasis maze yang berfungsi sebagai jembatan untuk
memvisualisasikan eksekusi kode secara interaktif. Fokus dari penelitian ini adalah
merancang dan mengembangkan sebuah interpreter sebagai mesin pemroses logika
utama untuk platform tersebut, dengan tujuan utama menerjemahkan instruksi kode
dari pengguna menjadi serangkaian objek keadaan di dalam maze. Penelitian ini
menghasilkan sebuah Domain-Specific Language (DSL) dengan sintaksis yang
terinspirasi dari Python agar dapat merepresentasikan aksi domain dan logika
umum secara bersamaan. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan sebuah sistem
interpreter berbasis arsitektur tree-walk yang terdiri dari komponen parser, resolver,
executor, dan game engine. Pengujian sistem dilakukan melalui pendekatan unit
testing dan integration testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh
komponen fungsional berjalan sesuai spesifikasi dan berhasil lulus semua skenario
uji. Pengujian integrasi secara khusus memvalidasi bahwa DSL yang dirancang
mampu merepresentasikan berbagai pola logika penyelesaian masalah dan sistem
interpreter berhasil menerjemahkan kode tersebut menjadi urutan aksi yang dapat
divisualisasikan.
Perpustakaan Digital ITB