digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Kelvin Rayhan Alkarim
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

Pembelajaran pemrograman merupakan tantangan bagi pemula, bukan hanya karena sifatnya yang abstrak, tetapi juga karena kesulitan dalam membentuk model mental yang akurat mengenai cara kerja program. Penelitian ini mengkaji permasalahan tersebut dengan mengembangkan platform pembelajaran computational thinking berbasis maze yang berfungsi sebagai jembatan untuk memvisualisasikan eksekusi kode secara interaktif. Fokus dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan sebuah interpreter sebagai mesin pemroses logika utama untuk platform tersebut, dengan tujuan utama menerjemahkan instruksi kode dari pengguna menjadi serangkaian objek keadaan di dalam maze. Penelitian ini menghasilkan sebuah Domain-Specific Language (DSL) dengan sintaksis yang terinspirasi dari Python agar dapat merepresentasikan aksi domain dan logika umum secara bersamaan. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan sebuah sistem interpreter berbasis arsitektur tree-walk yang terdiri dari komponen parser, resolver, executor, dan game engine. Pengujian sistem dilakukan melalui pendekatan unit testing dan integration testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh komponen fungsional berjalan sesuai spesifikasi dan berhasil lulus semua skenario uji. Pengujian integrasi secara khusus memvalidasi bahwa DSL yang dirancang mampu merepresentasikan berbagai pola logika penyelesaian masalah dan sistem interpreter berhasil menerjemahkan kode tersebut menjadi urutan aksi yang dapat divisualisasikan.