digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Madu Tava adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang komoditi makanan dan minuman sehat. Permintaan pasar makanan dan minuman sehat di negara indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Kesadaran masyarakat kepada makanan dan minuman yang tidak baik bagi tubuh semakin dipertimbangkan. Madu Tava memproduksi madu murni atau raw honey dari jenis lebah apis mellifera atau biasa disebut lebah unggul, wester honey bee. Madu Tava memiliki sebuah masalah yang harus diselesaikan dan tujuan yang ingin dicapai yaitu pada meningkatkan penjualan dengan optimal setiap bulannya pada e-commerce, platform online, dan kurangnya brand awareness madu tava dibandingkan dengan kompetitor produk madu lainnya. Tujuan utama dari riset ini dilakukan untuk memberikan solusi strategi pemasaran digital dengan anggaran biaya marketing yang sangat minimal untuk menyelesaikan permasalahan penjualan pada merk Madu Tava. Riset ini menggunakan analisis internal, dan eksternal. Analisis internal terdiri dari alat analisis STP, marketing digital, dan bauran pemasaran. Untuk analisis eksternal alat yang digunakan adalah analisis pasar, analisis konsumen, dan analisis pesaing. Melakukan analisis SWOT untuk mengevaluasi kondisi bisnis, dan diagram tulang ikan ishikawa untuk menentukan akar penyebab masalah. Faktanya bahwa pasar produk madu sangat sensitif dengan pertanyaan asli dan palsu karena kurangnya pengetahuan tentang raw honey ini menjadi tantangan untuk dicari solusinya. Solusi mengenai riset ini akan menggunakan pemasaran konten, seperti foto, video, konten edukasi produk, dan copywriting. Dalam mengoptimalkan penjualan online akan dilakukan strategi mengoptimalkan digital marketing e-commerce, mengoptimalkan aktivitas posting konten secara rutin pada media sosial digital, dan untuk layanan berbayar seperti iklan pada media sosial digital Facebook ads, Instagram ads, Google ads dan Tiktok ads. Dalam melakukan beberapa upaya untuk mempertahankan bisnis, harus dari semua aspek bisnis, bukan hanya pemasaran. Oleh karena itu, beberapa strategi akan dilakukan menggunakan digital marketing funnel, dan pengembangan produk.