Abstrak :
Keberhasilan mencapai sasaran dalam proses transfer ilmu pengetahuan dipengaruhi oleh iklim organisasi, dan iklim organisasi besar sekali pengaruhnya terhadap performansi Dosen. Agar sasaran tersebut dan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar bisa ditingkatkan maka perlu diciptakan iklim organisasi yang kondusif bagi para Dosen untuk berprestasi dengan maximal. Disamping itu perlu diketahui juga faktor dominan performansi pengajaran Dosen dimata mahasiswa sehingga Dosen bisa memanfaatkannya sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar.
Tujuan Penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor dominan dalam iklim organisasi di UISU berdasarkan model Litwin (1970) yang menggunakan 7 dimensi iklim yaitu : Usaha, Kejelasan Tugas, Tanggung Jawab Komitmen, Imbalan, Kerja Sama, Komunikasi. Sedangkan untuk mengidentifikasi faktor faktor dominan dalam performansi pengajaran dosen digunakan faktor-faktor yang dikembangkan dalam AKTA-V dengan 5 dimensi yaitu : Persiapan Mengajar, Mengajar dan Metoda Mengajar, Hubungan Pengajar-Mahasiswa, Keterampilan Memotivasi dan Membangkitkan Minat, dan Evaluasi Hasil Belajar.
Dalam tugas akhir ini fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian dan Teknik di UISU dijadikan sebagai obyek penelitian karena ke 4 fakultas tersebut mempunyai persamaan yang sudah berstatus disamakan. Analisa faktor digunakan untuk mengetahui faktor-faktor dominan iklim organisasi dan perfomansi pengajaran dosen pada setiap fakultas. Analisa cluster dilakukan untuk mengetahui kecenderungan pengelompokkan fakultas-fakultas berda.carkan iklim organisasi dan performansi pengajaran dosen.
Secara garis besar, dari hasil analisis faktor terlihat bahwa untuk ke empat fakultas tersebut temyata memiliki beberapa kemiripan
Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan pengelola Universitas Islam Sumatera Utara untuk menciptakan iklim organisasi yang lebih kondusif. Sedangkan bagi dosen yang bersangkutan, hasil identifikasi faktor dominan penformansi pengajaran bisa menjadi masukan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
.
Perpustakaan Digital ITB