digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk menguak peran Visi Organisasi dalam Akuisisi Pengetahuan terhadap pelanggan. Metoda riset kualitatif diimplementasikan di dalam riset ini untuk menginvestigasi praktik Akuisisi Pengetahuan di dalam sebuah perusahaan Start-Up teknologi yang bernama e-Fishery. Data yang digunakan di dalam penelitian ini didapatkan dengan melakukan wawancara kepada beberapa figur penting di dalam perusahaan tersebut. Analisis tematik diimplementasikan untuk mengidentifikasi tema-tema yang muncul dari data serta keterkaitan diantaranya. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa Visi Organisasi secara tidak langsung berdampak kepada kualitas Akuisisi Pengetahuan dengan cara mempengaruhi cara sebuah organisasi berinteraksi dengan pelanggan. Lebih jauh lagi, penelitian ini berargumen bahwa Visi Organisasi yang berorientasi kepada pelanggan memiliki pengaruh positif terhadap suksesnya praktik Akuisisi Pengetahuan. Penelitian ini berkontribusi kepada literatur Akuisisi Pengetahuan dengan menyediakan penjelasan mengenai pengaruh dan peran dari Visi Organisasi di dalam kesuksesan Akuisisi Pengetahuan pada interaksi produsen ke pelanggan.