Eduka System adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri Teknologi Pendidikan. Eduka
System menyediakan layanan seperti online tes tryout dan latihan pembelajaran. Mulai tahun 2019,
berdasarkan keputusan pemerintah Indonesia, seluruh calon mahasiswa wajib melakukan ujian berbasis
komputer sebagai ujian masuk perguruan tinggi (UTBK). Dengan keputusan tersebut, muncul layanan
tryout UTBK agar mahasiswa terbiasa mengikuti tes secara online. Beberapa pebisnis juga sudah mulai
melihat peluang di layanan ini sehingga banyak perusahaan juga mulai menyediakan layanan tryout
online.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu Eduka System dalam menganalisis faktor eksternal dan
internal, analisis SWOT, dan analisis root factor untuk menetapkan strategi yang diusulkan. Dari
analisis eksternal dan internal, ditemukan banyak peluang tetapi juga ancaman dalam industri Teknologi
Pendidikan. Ditemukan juga bahwa Eduka System memiliki kekuatan dan kelemahan untuk bersaing di
industri Teknologi Pendidikan. Untuk membuat analisis SWOT, analisis eksternal harus digabungkan
dengan analisis internal. Setelah analisis SWOT selesai dilakukan, penelitian ini dilanjutkan dengan
memasukkan SWOT ke dalam analisis root factor. Analisis root factor menunjukkan bahwa pengguna
Eduka System adalah pelanggan multi-brand yang dapat dengan mudah beralih ke platform lain. Dalam
penelitian ini ditemukan bahwa Eduka System perlu terus meningkatkan produk dan promosi agar
pelanggan tidak mudah berpindah ke platform lain. Penulis memilih masalah yang sesuai dengan kondisi
Eduka System saat ini. Strategi yang diusulkan dibentuk dari analisis TOWS, yang dapat membagi
strategi alternatif dari masing-masing kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam analisis
SWOT. Setelah mengikuti tahapan dalam analisis TOWS, penulis mengajukan strategi untuk menjawab
masalah utama yang dihadapi Eduka System. Strategi pertama adalah menggunakan merek untuk
memperkenalkan produk baru. Strategi ini berguna untuk meningkatkan loyalitas pengguna, karena
produk baru dapat membantu pengguna tetap menggunakan Eduka System. Strategi kedua adalah
mempertahankan pengguna dengan memberikan program penghargaan dan loyalitas. Strategi ini juga
untuk meningkatkan loyalitas pengguna, sehingga pengguna merasa dihargai karena telah menggunakan
Sistem Eduka. Strategi ketiga adalah memastikan fondasi yang kuat. Strategi ini untuk brand agar tidak
digantikan oleh pesaing lain. Dengan fondasi brand yang kuat, ini membuat pengguna terbiasa dengan
Eduka System, sehingga mereka akan terus menggunakannya. Strategi keempat adalah
memperkenalkan pasar baru. Strategi ini membantu brand membedakan dari pesaing lain sehingga nilai
brand meningkat. Strategi kelima adalah menawarkan nilai dan fitur yang lebih baik. Strategi ini juga
untuk membantu meningkatkan nilai brand agar lebih baik dari pesaing lainnya. Dan strategi terakhir
adalah memperbaiki sistem transaksi elektronik. Strategi ini membantu meningkatkan layanan Eduka
System agar pengguna tetap nyaman menggunakan Eduka System sehingga loyalitas pengguna
meningkat. Strategi tersebut perlu dilaksanakan sesuai jadwal yang direncanakan. Strategi ini bertujuan
untuk meningkatkan loyalitas pengguna pada Eduka System agar pertumbuhan pelanggan dapat tumbuh
secara signifikan.