digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dewasa ini, perkembangan pariwisata di Indonesia sangat pesat. Jumlah turis yang meningkat dari tahun ke tahun, baik asing maupun lokal, menjadi pertanda bahwa industri pariwisata di Indonesia telah berkembang. Seiring berkembangnya industri pariwisata, kecepatan perkembangan teknologi, tak terkecuali teknologi online, mampu mempengaruhi kebiasaan konsumen dalam hal membeli barang ataupun jasa. Proses membeli menjadi lebih rumit dimana begitu banyak tambahan variabel yang menentukan keinginan membeli seorang konsumen. PT HolaHalo adalah sebuah perusahaan yang memiliki jasa sebagai pasar travel online di Indonesia melalui website mereka. Tetapi, keinginan membeli konsumen di dalam website tersebut tergolong masih sangat rendah. Maka dari itu, penulis memutuskan untuk meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti faktor- faktor apa saja yang membuat konsumen potensial untuk membeli paket travel agent dengan HolaHalo dan juga untuk mengembangkan strategi pemasaran digital yang dapat meningkatkan pengguna website HolaHalo. Penulis menggabungkan dua metode, kualitatif dan kuantitatif dalam penyusunan penelitian in, ditandai dengan adanya wawancara dengan CEO dari PT HolaHola dan juga adanya kuisioner online. Ada beberapa analisa yang digunakan oleh penulis untuk dapat mencapai tujuan penelitian, seperti analisa PESTEL, Porter 5 Forces, analisa kompetitor untuk menemukan kesempatan dan ancaman dalam industri ini. Lalu ada juga STP, RBV, VRIO, dan pemasaran campuran untuk menemukan kekuatan dan kelemahan dari PT HolaHalo. Kemudian ada analisa konsumen yang menemukan bahwa UGC dan konten website HolaHalo berpengaruh terhadap emosi pengunjung website tersebut yang kemudian variable emosi tersebut dikaji bersama dengan variable kepercayaan juga berpengaruh terhadap keinginan membeli. Setelah menemukan permasalahan bisnis dari PT HolaHalo, yaitu promosi yang tidak efektif, ketidakpercayaan agen travel terhadap HolaHalo, ketidakpercayaan pelanggan kepada HolaHalo, dan online media HolaHalo yang tidak bisa menarik calon pelanggan, penulis mampu memberikan solusi alternatif bagi permasalahan bisnis tersebut dengan menggunakan tindakan korektif dari analisa akar permasalahan. Secara spesifik, penulis mencocokan solusi mana yang tepat untuk setiap masalah bisnis yang dihadapi PT HolaHalo khususnya mengenai strategi pemasaran digital yang dapat meningkatkan keinginan membeli dari konsumen.