Dewasa ini, perkembangan pariwisata di Indonesia sangat pesat. Jumlah turis yang
meningkat dari tahun ke tahun, baik asing maupun lokal, menjadi pertanda bahwa industri
pariwisata di Indonesia telah berkembang. Seiring berkembangnya industri pariwisata,
kecepatan perkembangan teknologi, tak terkecuali teknologi online, mampu mempengaruhi
kebiasaan konsumen dalam hal membeli barang ataupun jasa. Proses membeli menjadi lebih
rumit dimana begitu banyak tambahan variabel yang menentukan keinginan membeli
seorang konsumen. PT HolaHalo adalah sebuah perusahaan yang memiliki jasa sebagai
pasar travel online di Indonesia melalui website mereka. Tetapi, keinginan membeli
konsumen di dalam website tersebut tergolong masih sangat rendah. Maka dari itu, penulis
memutuskan untuk meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti faktor-
faktor apa saja yang membuat konsumen potensial untuk membeli paket travel agent dengan
HolaHalo dan juga untuk mengembangkan strategi pemasaran digital yang dapat
meningkatkan pengguna website HolaHalo. Penulis menggabungkan dua metode, kualitatif
dan kuantitatif dalam penyusunan penelitian in, ditandai dengan adanya wawancara dengan
CEO dari PT HolaHola dan juga adanya kuisioner online. Ada beberapa analisa yang
digunakan oleh penulis untuk dapat mencapai tujuan penelitian, seperti analisa PESTEL,
Porter 5 Forces, analisa kompetitor untuk menemukan kesempatan dan ancaman dalam
industri ini. Lalu ada juga STP, RBV, VRIO, dan pemasaran campuran untuk menemukan
kekuatan dan kelemahan dari PT HolaHalo. Kemudian ada analisa konsumen yang
menemukan bahwa UGC dan konten website HolaHalo berpengaruh terhadap emosi
pengunjung website tersebut yang kemudian variable emosi tersebut dikaji bersama dengan
variable kepercayaan juga berpengaruh terhadap keinginan membeli. Setelah menemukan
permasalahan bisnis dari PT HolaHalo, yaitu promosi yang tidak efektif, ketidakpercayaan
agen travel terhadap HolaHalo, ketidakpercayaan pelanggan kepada HolaHalo, dan online
media HolaHalo yang tidak bisa menarik calon pelanggan, penulis mampu memberikan
solusi alternatif bagi permasalahan bisnis tersebut dengan menggunakan tindakan korektif
dari analisa akar permasalahan. Secara spesifik, penulis mencocokan solusi mana yang tepat
untuk setiap masalah bisnis yang dihadapi PT HolaHalo khususnya mengenai strategi
pemasaran digital yang dapat meningkatkan keinginan membeli dari konsumen.
Perpustakaan Digital ITB