Pengembangan dermaga sofifi yang dilakukan untuk menambah kapasitas
pelabuhan dilakukan dengan struktur deck on pile atau struktur dermaga diatas
tiang pancang baja. Terdapat dua struktur utama pada pengembangan ini yaitu 100
m trestle untuk menjembatani daratan dengan dermaga dan 100 m dermaga
tambahan.
Pada studi kasus Tugas Akhir Manajemen Konstruksi Dermaga Dan Trestle Deck
On Pile di Pelabuhan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, akan
diberikan pemaparan tentang pembuatan manajemen konstruksi trestle dan
dermaga berdasarkan kondisi batasan durasi total proyek kurang dari atau sama
dengan dua belas bulan. Manajemen konstruksi yang dibuat mencakup penjabaran
metode konstruksi, penyusunan work breakdown structure, perhitungan volume
pekerjaan, produktivitas pekerjaan, dan durasi pekerjaan, analisis ketergantungan
antar pekerjaan, penjadwalan pekerjaan, dan perhitungan rencana anggaran biaya
keseluruhan proyek.
Penjabaran metode konstruksi dilakukan untuk menentukan resource yang
diperlukan dan tahapan pekerjaan yang akan dilakukan. Penyusunan work
breakdown structure dilakukan sampai ke level 3 sampai pekerjaan tersebut dapat
dihitung volumenya. Dari volume pekerjaan kemudian akan ditentukan alat,
tenaga kerja, dan produktivitas alat/tenaga kerja yang dibutuhkan dalam pekerjaan
sehingga durasi total pekerjaan dapat ditentukan. Dengan menggunakan hasil
analisis ketergantungan antar pekerjaan dan data durasi pekerjaan, dapat
dilakukan penjadwalan proyek. Ilustrasi penjadwalan proyek dilakukan dengan
software Microsoft Project 2016. Durasi total proyek yang didapatkan kemudian
dibandingkan dengan kondisi batasan awal. Jika sudah memenuhi, dapat
dilakukan penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB). RAB ini kemudian akan
ditampilkan dengan kurva-S penyerapan biaya proyek, grafik penyerapan tenaga
kerja, dan grafik penyerapan campuran beton.
Hasil dari tugas akhir ini meliputi metode konstruksi proyek, work breakdown
structure, penjadwalan proyek, dan rencana anggaran biaya proyek