digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Usaha Truck Coffee Shop merupakan salah satu usaha yang saat ini memiliki banyak peminat, hal ini terlihat dengan banyaknya kedai kopi truck yang belakangan ini bermunculan. Banyaknya pecinta dan gaya hidup kopi turut mendukung fenomena ini bagi orang-orang yang suka nongkrong usai beraktivitas bersama teman atau kolega. Salah satu pelaku bisnis kedai kopi adalah Ideologi Kopi. Untuk menjadi kedai kopi truk, pemiliknya menggunakan gerobak VW miliknya. Ideologi Kopi menciptakan suasana nyaman sebagai kedai kopi truk dengan konsep retro nyaman yang membuat pelanggan serasa berada di dalam mobil sendiri di dekat area mall. Sampai saat ini, mayoritas pelanggan setia Ideologi Kopi berasal dari relasi pengetahuan pemilik. Ideologi Kopi harus meningkatkan pangsa pasarnya dengan banyaknya pesaing di industri ini dan mendapatkan pelanggan setia baru untuk menopang bisnis dalam waktu yang lama. Penulis menggunakan elemen dari strategi pemasaran untuk mengidentifikasi beberapa faktor yang diperlukan. Berdasarkan analisis eksternal diketahui bahwa industri ini memiliki persaingan yang ketat. Pesaing utamanya berasal dari kedai kopi truk, yang biasanya hanya kedai kopi konvensional, karena mereka ingin mengikuti tren. Selain itu, dari sisi internal, Ideologi Kopi juga hanya mengandalkan Instagram tanpa program promosi lainnya. Ideologi Kopi memiliki beberapa masalah pemasangan terbatas dengan penggunaan gerobak VW-nya sendiri. Analisis SWOT diperoleh dari analisis faktor internal dan eksternal pada Ideologi Kopi. Jika Ideologi Kopi belum optimal untuk mencari pelanggan baru dan sudah mempertahankannya, hal itu dapat dilihat dari analisis SWOT. Beberapa hal penting juga ditemukan dari analisis pesaing dan konsumen yang dirasa penting dan dapat ditingkatkan lebih lanjut oleh Ideologi Kopi. Penulis juga menyarankan beberapa elemen alternatif strategi pemasaran dari matriks analisis TOWS; Segmentasi, Penargetan, dan Pemosisian (STP) untuk bisnis, termasuk didalamnya adalah Points of Parity (PoP), Points of Difference (PoD) untuk mengetahui nilainya dalam hal Value Proposition beserta 7P dari Marketing Mix yang diharapkan dapat diterapkan oleh Ideologi Kopi. Alternatif-alternatif tersebut meningkatkan promosi dengan menghadirkan beberapa kelebihan pada penempatan iklan Ideologi Kopi dan media sosial, berkolaborasi dengan influencer media sosial, mengembangkan program loyalitas dan promosi produk, serta meningkatkan fasilitas Ideologi Kopi.