Usaha Truck Coffee Shop merupakan salah satu usaha yang saat ini memiliki
banyak peminat, hal ini terlihat dengan banyaknya kedai kopi truck yang belakangan ini
bermunculan. Banyaknya pecinta dan gaya hidup kopi turut mendukung fenomena ini
bagi orang-orang yang suka nongkrong usai beraktivitas bersama teman atau kolega.
Salah satu pelaku bisnis kedai kopi adalah Ideologi Kopi. Untuk menjadi kedai kopi truk,
pemiliknya menggunakan gerobak VW miliknya. Ideologi Kopi menciptakan suasana
nyaman sebagai kedai kopi truk dengan konsep retro nyaman yang membuat pelanggan
serasa berada di dalam mobil sendiri di dekat area mall. Sampai saat ini, mayoritas
pelanggan setia Ideologi Kopi berasal dari relasi pengetahuan pemilik. Ideologi Kopi
harus meningkatkan pangsa pasarnya dengan banyaknya pesaing di industri ini dan
mendapatkan pelanggan setia baru untuk menopang bisnis dalam waktu yang lama.
Penulis menggunakan elemen dari strategi pemasaran untuk mengidentifikasi beberapa
faktor yang diperlukan. Berdasarkan analisis eksternal diketahui bahwa industri ini
memiliki persaingan yang ketat. Pesaing utamanya berasal dari kedai kopi truk, yang
biasanya hanya kedai kopi konvensional, karena mereka ingin mengikuti tren. Selain itu,
dari sisi internal, Ideologi Kopi juga hanya mengandalkan Instagram tanpa program
promosi lainnya. Ideologi Kopi memiliki beberapa masalah pemasangan terbatas dengan
penggunaan gerobak VW-nya sendiri. Analisis SWOT diperoleh dari analisis faktor
internal dan eksternal pada Ideologi Kopi. Jika Ideologi Kopi belum optimal untuk
mencari pelanggan baru dan sudah mempertahankannya, hal itu dapat dilihat dari analisis
SWOT. Beberapa hal penting juga ditemukan dari analisis pesaing dan konsumen yang
dirasa penting dan dapat ditingkatkan lebih lanjut oleh Ideologi Kopi. Penulis juga
menyarankan beberapa elemen alternatif strategi pemasaran dari matriks analisis TOWS;
Segmentasi, Penargetan, dan Pemosisian (STP) untuk bisnis, termasuk didalamnya adalah
Points of Parity (PoP), Points of Difference (PoD) untuk mengetahui nilainya dalam hal
Value Proposition beserta 7P dari Marketing Mix yang diharapkan dapat diterapkan oleh
Ideologi Kopi. Alternatif-alternatif tersebut meningkatkan promosi dengan menghadirkan
beberapa kelebihan pada penempatan iklan Ideologi Kopi dan media sosial, berkolaborasi
dengan influencer media sosial, mengembangkan program loyalitas dan promosi produk,
serta meningkatkan fasilitas Ideologi Kopi.
Perpustakaan Digital ITB