digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Elok Studio adalah bisnis online yang bergerak di bidang fesyen, yang fokus pada penyewaan busana. Terinspirasi dari perkembangan fesyen yang sangat cepat di Indonesia, Elok Studio hadir menawarkan sistem sewa yang diharapkan dapat mengubah gaya hidup perempuan di Indonesia untuk lebih hemat. Sasaran pasar dari Elok Studio adalah seluruh perempuan yang berdomisili di Bandung dan sering menghadiri acara resmi. Seiring dengan berkembangnya era digital, persaingan yang dihadapi oleh Elok Studio di bidang penyewaan busana tentunya semakin meningkat. Terlebih, dengan keberadaan virus corona yang memiliki dampak besar pada keberadaan bisnis usaha kecil dan menengah, mengharuskan Elok Studio menerapkan strategi baru guna bertahan untuk mempertahankan bisnisnya. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif untuk membuat strategi bisnis baru dengan beberapa tools seperti STP Analysis, Marketing Mix, PESTEL Analysis Competitors Analysis, Customer Analysis, Root Cause Analysis, SWOT Analysis dan TOWS matirx. Selanjutnya peneliti menggunakan wawancara dan survei untuk mendapatkan lebih banyak wawasan dari perspektif pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa temuan tentang perspektif pelanggan dalam mengembangkan strategi baru untuk Elok Studio. Sebagian besar responden mengatakan bahwa promosi tidak terjangkau dan tidak efektif. Oleh karena itu, peneliti mengajukan strategi bisnis baru yang dapat meningkatkan penjualan di masa mendatang, seperti mengusulkan saluran baru berupa website, konten media sosial baru untuk Elok Studio, pengembangan produk baru dan penyuluhan tentang pencegahan penyebaran virus corona di media sosial. Selain itu, peneliti membuat timeline implementasi mulai Januari 2021 hingga strategi pemantauan agar perusahaan tetap pada jalurnya.