Elok Studio adalah bisnis online yang bergerak di bidang fesyen, yang fokus pada penyewaan
busana. Terinspirasi dari perkembangan fesyen yang sangat cepat di Indonesia, Elok Studio hadir
menawarkan sistem sewa yang diharapkan dapat mengubah gaya hidup perempuan di Indonesia
untuk lebih hemat. Sasaran pasar dari Elok Studio adalah seluruh perempuan yang berdomisili di
Bandung dan sering menghadiri acara resmi.
Seiring dengan berkembangnya era digital, persaingan yang dihadapi oleh Elok Studio di bidang
penyewaan busana tentunya semakin meningkat. Terlebih, dengan keberadaan virus corona yang
memiliki dampak besar pada keberadaan bisnis usaha kecil dan menengah, mengharuskan Elok
Studio menerapkan strategi baru guna bertahan untuk mempertahankan bisnisnya.
Peneliti menggunakan metodologi kualitatif untuk membuat strategi bisnis baru dengan beberapa
tools seperti STP Analysis, Marketing Mix, PESTEL Analysis Competitors Analysis, Customer
Analysis, Root Cause Analysis, SWOT Analysis dan TOWS matirx. Selanjutnya peneliti
menggunakan wawancara dan survei untuk mendapatkan lebih banyak wawasan dari perspektif
pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa temuan tentang perspektif pelanggan
dalam mengembangkan strategi baru untuk Elok Studio. Sebagian besar responden mengatakan
bahwa promosi tidak terjangkau dan tidak efektif. Oleh karena itu, peneliti mengajukan strategi
bisnis baru yang dapat meningkatkan penjualan di masa mendatang, seperti mengusulkan saluran
baru berupa website, konten media sosial baru untuk Elok Studio, pengembangan produk baru dan
penyuluhan tentang pencegahan penyebaran virus corona di media sosial. Selain itu, peneliti
membuat timeline implementasi mulai Januari 2021 hingga strategi pemantauan agar perusahaan
tetap pada jalurnya.
Perpustakaan Digital ITB