Pada tahun 2020, Pandemi COVID-19 menggemparkan dunia dan telah mempengaruhi banyak
aspek kehidupan, dari ekonomi hingga gaya hidup. Orang-orang mulai mengubah kebiasaan
mereka dan beradaptasi dengan “normal baru” dengan mengubah rutinitas aktivitas di luar rumah
menjadi aktivitas berbasis internet di rumah, seperti belanja online dan pembelajaran online.
Situasi ini menjadi peluang bagi para pelaku bisnis berbasis internet, termasuk Indihome, penyedia
layanan internet di Indonesia, untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui saluran
penjualan digital.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kanal
digital untuk berlangganan layanan internet Indihome di Telkom Regional 3 Provinsi Jawa Barat
dan mengusulkan strategi kanal digital untuk meningkatkan langganan layanan internet Indihome
melalui kanal digital. Penelitian ini menggunakan metode gabungan penelitian kualitatif dan
kuantitatif dari 204 pengguna internet untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal
Telkom Regional 3. Pertama, menganalisis lingkungan internal, penulis melakukan sumber daya
dan kapabilitas perusahaan, analisis VRIN, Segmenting Targeting, Analisis positioning dan
pemasaran. campur 7P. Kedua, analisis lingkungan umum, analisis industri dan analisis pesaing
dilakukan untuk menilai lingkungan eksternal. Dan ketiga, penulis melakukan survei kuantitatif
untuk mendapatkan wawasan dari konsumen tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan niat
menggunakan saluran digital untuk berlangganan layanan internet Indihome dengan menggunakan
pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan
berpengaruh signifikan dan positif terhadap sikap konsumen terhadap penggunaan saluran digital
untuk berlangganan layanan internet. Sedangkan tingkat pendapatan berpengaruh signifikan
terhadap persepsi kegunaan saluran digital, penulis juga menemukan bahwa persepsi hambatan
akses konsumen seperti kerahasiaan data pribadi dan kapabilitas tidak berpengaruh signifikan
terhadap sikap konsumen terhadap penggunaan saluran digital. Penulis merumuskan 15 alternatif
solusi berdasarkan pendekatan matriks TOWS untuk diubah menjadi strategi saluran digital guna
meningkatkan penggunaan saluran digital konsumen untuk berlangganan layanan internet
Indihome.
Perpustakaan Digital ITB