digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada tahun 2020, Pandemi COVID-19 menggemparkan dunia dan telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan, dari ekonomi hingga gaya hidup. Orang-orang mulai mengubah kebiasaan mereka dan beradaptasi dengan “normal baru” dengan mengubah rutinitas aktivitas di luar rumah menjadi aktivitas berbasis internet di rumah, seperti belanja online dan pembelajaran online. Situasi ini menjadi peluang bagi para pelaku bisnis berbasis internet, termasuk Indihome, penyedia layanan internet di Indonesia, untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui saluran penjualan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kanal digital untuk berlangganan layanan internet Indihome di Telkom Regional 3 Provinsi Jawa Barat dan mengusulkan strategi kanal digital untuk meningkatkan langganan layanan internet Indihome melalui kanal digital. Penelitian ini menggunakan metode gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif dari 204 pengguna internet untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Telkom Regional 3. Pertama, menganalisis lingkungan internal, penulis melakukan sumber daya dan kapabilitas perusahaan, analisis VRIN, Segmenting Targeting, Analisis positioning dan pemasaran. campur 7P. Kedua, analisis lingkungan umum, analisis industri dan analisis pesaing dilakukan untuk menilai lingkungan eksternal. Dan ketiga, penulis melakukan survei kuantitatif untuk mendapatkan wawasan dari konsumen tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan niat menggunakan saluran digital untuk berlangganan layanan internet Indihome dengan menggunakan pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap sikap konsumen terhadap penggunaan saluran digital untuk berlangganan layanan internet. Sedangkan tingkat pendapatan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan saluran digital, penulis juga menemukan bahwa persepsi hambatan akses konsumen seperti kerahasiaan data pribadi dan kapabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen terhadap penggunaan saluran digital. Penulis merumuskan 15 alternatif solusi berdasarkan pendekatan matriks TOWS untuk diubah menjadi strategi saluran digital guna meningkatkan penggunaan saluran digital konsumen untuk berlangganan layanan internet Indihome.