digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan dunia digital saat ini telah mendorong berbagai industry untuk mengembangkan kanal distribusi elektronik yang tepat dari perusahaan kepada konsumen. Tak terlepas pada industry penerbangan dimana kanal perdangan elektronik saat ini sangat berkembang pesat, hampir 90% pengguna internet di Indonesia melakukan transaksi pada perdagangan elektronik. Dibuktikan dengan munculnya Online Travel Agent (OTA), situs penjualan tiket penerbangan milik maskapai, aplikasi mobile serta kanal distribusi digital lainnya mendorong aktivitas niaga secara elektornik ini menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen. Data menunjukan bahwa sebagian besar penumpang pesawat terbang memilih untuk melakukan transaksi melalui kanal penjualan elektronik. Berdasarkan evaluasi performa penjualan tiket penerbangan Garuda Indonesia, pertumbuhan tertinggi terjadi pada OTA sebesar 56%. Sementara transaksi penjualan pada situs dan aplikasi mobile mengalami penurunan sebesar 23%. Studi ini bertujuan untuk menggali permasalahan penurunan penjualan pada situs dan aplikasi mobile milik sendiri (direct channel), di tengah pertumbuhan e-commerce khususnya OTA. Dengan melakukan Analisa eksternal meliputi PESTEL dan Analisa pesaing serta menggabungkan hasil Analisa internal yang mencakup resources-based analysis dan competitive advantage melalui evaluasi kanal pemasaran tiket penerbangan Garuda Indonesia maka didapatkan kesimpulan permasalahan bisnis yang terjadi. Alternatif strategy dalam pengelolaan kanal penjualan digabungkan dengan teori bauran pemasaran atau yang biasa disebut dengan marketing mix 4P’s (Poduct, Pricing, Place, Promotion) untuk menghasilkan usulan strategi yang komprehensif dalam mengelola kanal penjualan milik maskapai yaitu website, mobile aplikasi, dan contact center. Empat strategy utama tersebut ialah integrasi seluruh kanal penjualan elektornik milik sendiri, peningkatan promosi layanan produk perjalanan, melakukan simplifikasi tampilan menu layanan pada situs dengan fokus pada produk unggulan, dan peningkatan performa teknologi informasi.