digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) adalah perusahaan yang bergerak di Industri retail yang menjual berbagai produk kebutuhan konsumen yang berhubungan dengan gaya hidup sehat, MAPA merupakan anak perusahaan dari Mitra Adiperkasa (MAPI) yang mengelola penjualan di sektor produk perlengkapan olahraga. MAPA memiliki hak distribusi khusus untuk beberapa produk unggulan seperti Nike, Adidas, Reebok dll, gerai MAPA dapat ditemui diberbagai tempat perbelanjaan umum yang ada di Indonesia. Pada tahun 2020 pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia yang menyebabkan pemerintah harus memberlakukan beberapa pertaturan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, salah salah satunya adalah pembatasan social bersekala besar yang mengharuskan pusat perbelanjaan yang mengakibatkan kerumunan orang harus ditutup atau tidak boleh beroperasional. Hal ini menyebabkan MAPA mengalami masalah dengan penjualannya, namun MAPA masih dapat bertahan dengan perubahan perilaku konsumen yang menggunakan platform belanja digital sebagai salah satu pilihan untuk berbelanja serta produk MAPA yang mendukung gaya hidup sehat dapat menjadi pilihan utaman konsumen selama masa pandemi ini. Penelitian ini menggunakan PEST analisis untuk analisis makro, untuk analisis industry menggunakan 5 force porter. Untuk analisis internal hanya menggunakan analisis keuangan dengan membandingkan rasio rasio keuangan antara MAPA dan LPPF. Untuk mendapatkan nilai wajar dari saham MAPA menggunakan discounted cash flow dan relative valuation dengan EBITDA, dengan WACC sebesar 16,68% serta menggunakan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia selama masa perbaikan setelah pandemi maka didapatkan nilai wajar dengan metode DCF sebesar Rp. 1.011,59. Dengan hasil ini maka didapatkan kesimpulan bahwa untuk saat ini investor yang memiliki saham MAPA disarankan untuk menjual sahamnya dan masuk kembali pada saat harga pasar saham MAPA sudah menyentuh di harga wajarnya.