Article Details

USULAN STRATEGI BISNIS BARU UNTUK TOKO KAMERA BEKAS JOELBDG

Oleh   Dede Ahmad Santosa [29118369]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Atik Aprianingsih, S.T., M.M., DBA;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : Toko Kamera Bekas, Strategi Pembauran Pemasaran, Strategi Kompetitif Umum Porter’s, TOWS Matrix
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2021-02-23 17:30:42

Toko kamera bekas JoelBDG adalah proyek percontohan yang digunakan JOELCAM untuk menganalisis apakah sistem, konsep, varian produk, dan merek JOELCAM yang sudah cukup terkenal di Jakarta dapat dibawa, ditransfer, dan mudah ditiru serta diterapkan di Bandung. JOELCAM sendiri adalah merek dari toko kamera bekas terkenal di Jakarta. Selama lima bulan terakhir setelah pembukaan di bulan November 2019, transaksi penjualan yang terjadi tidak mampu menutupi biaya operasional bulanan. Meski JoelBDG sudah berupaya untuk meningkatkan kesadaran merknya dengan mengadakan acara seminar fotografi, namun hal tersebut masih belum cukup untuk menghasilkan keuntungan yang mampu menutupi biaya operasional bulanan . Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk menganalisa dan menemukan penyebab kenapa JoelBDG tidak mampu meningkatkan penjualannya. Dengan menggunakan analisis internal terdiri dari STP, dan Bauran Pemasaran, sedangkan analisis eksternal menggunakan PESTEL, Lima Kekuatan Porter, analisis pesaing, dan analisis konsumen yang menggunakan kuesioner. Akhirnya dengan menggunakan analisa akar permasalahan, diketahui bahwa akar permasalahan dari JoelBDG adalah biaya operasional bulanan yang cukup tinggi, lokasi yang strategis menjadi sia-sia karena Covid-19, modal barang di awal yang cukup tinggi, persepsi konsumen yang mengira bahwa JoelBDG bukanlah cabang dari JOELCAM Jakarta, ada pangsa pasar yang potensial namun belum tersentuh, dan murahnya produk pengganti. Dengan menggunakan Strategi Porter’s Kompetitive Umum, strategi alternatif yang ditawarkan adalah membuat pangsa pasar baru, hal ini didasarkan dengan melihat pada kekuatan dan kesempatan yang dimiliki oleh JoelBDG, yang apabila digunakan pada saat sekarang, dengan situasi Covid-19, ada kesempatan bagi JoelBDG untuk membuat pangsa pasar baru dengan biaya yang tidak terlalu banyak, ditambah dengan adanya hasil survey yang menyatakan 12.1% responden akan membeli kamera bekas untuk belajar fotografi. Dengan menggabungkan analisis SWOT dengan analisis konsumen, maka bisa diketahui sejauh mana keunggulan dan kesempatan yang dimiliki oleh JoelBDG untuk dapat memenuhi keinginan konsumen. TOWS Matrix digunakan untuk menciptakan strategi yang bisa membantu akar permasalahan dari JoelBDG. Strategi alternatif yang ditawarkan sifatnya rendah biaya, dikarenakan permintaan dari pemilik JoelBDG, dan bisa dilaksanakan kapanpun JoelBDG siap, namun ada satu strategi yang apabila hendak dijalankan, strategi tersebut harus dilaksanakan berbarengan dengan strategi yang lainnya, dikarenakan strategi ini melibatkan produk dari Drew & Barry.