digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Telkom Indonesia adalah perusahaan telekomunikasi yang memiliki produk PIJAR Sekolah sebagai platform pendidikan digital terintegrasi yang akan menghubungkan sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Produk ini merupakan perpaduan antara media pembelajaran digital dan sistem manajemen informasi yang bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran di lembaga sekolah. Perusahaan menghadapi permasalahan yaitu target penjualan PIJAR Sekolah di Telkom Regional 3 belum tercapai yang terlihat dari realisasi skema uji coba menjadi berlangganan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan terkait permasalahan yang terjadi menggunakan analisa lingkungan yang terdiri dari internal dan eksternal analisis dengan analisa SWOT. Hasil dari analisis, penulis menemukan beberapa akar permasalahan. Pertama, nilai dari PIJAR Sekolah belum diterima oleh calon pelanggan. Kedua, terdapat kesenjangan digital. Ketiga, tenaga penjual menangani pelanggan yang cukup banyak serta dari berbagai kategori segmen pelanggan. Keempat, tenaga penjual melakukan pendekatan satu per satu kepada pelanggan. Terakhir, target yang diberikan kepada tenaga penjual cukup besar. Penulis mengusulkan Segmentation, Targeting, dan Positioning baru begitu pula dengan marketing mix baru kepada perusahaan. Selanjutnya, penulis juga mengusulkan aktivitas marketing baru untuk PIJAR Sekolah dengan melakukan aktivitas mobile telemarketing, melakukan aktivitas Omni Channel, membuat MoU dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pendekatan komunitas dengan melakukan gathering di setiap Wilayah Telekomunikasi (Witel), membuat perjanjian dengan sales channel di setiap Wilayah Telekomunikasi (Witel), memberikan free trial untuk masa periode tiga sampai dengan enam bulan, melakukan iklan social media berbayar, memperbarui SEO, melanjutkan inovasi produk, mempertahankan dan meningkatkan produk dan servis, dan membuat aktivitas CSR.