digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
PUBLIC karya

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya

Tesis
PUBLIC karya

Robot mampu menyebabkan perbedaan persepsi pada tingkat sosial emosional, contohnya robot yang berperan sebagai partner sosial yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara non-verbal dengan menggunakan gestur berupa ekspresi emosi dasar yang diakui lintas budaya yaitu bahagia, sedih, terkejut, takut, marah, dan jijik. Tingkat pengenalan emosi pada robot sangat berkaitan dengan fitur wajah, semakin lengkap fitur wajah yang digunakan untuk mengekspresikan emosi, maka semakin baik tingkat pengenalan emosi. Pertanyaannya adalah fitur manakah yang paling berdampak pada pengekspresian emosi pada robot. Penelitian untuk mengevaluasi dampak dari salah satu fitur wajah yang telah dilakukan adalah penelitian pada pergerakan kelopak mata yang dilakukan pada agen virtual 2D berupa avatar satu mata. Permasalahan timbul karena pada dasarnya terdapat perbedaan interaksi antara agen virtual 2D dengan robot dengan perwujudan fisik, sehingga penelitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap pengaruh perwujudan fisik kelopak mata humanoid robot terhadap persepsi manusia pada makna emosi yang ditampilkan dengan perubahan posisi kelopak mata. Metode yang digunakan adalah kuosioner menggunakan skala likert 5 tingkat secara daring kemudian diuji menggunakan two way repeated measure ANOVA. Evaluasi dan analisis dilaksanakan pada 40 orang partisipan yang dipilih secara acak (Minage = 16, Maxage = 57, Rangeage = 41, Medianage = 17.00, Meanage = 24.5, SDage = 12.412, Varianceage = 154.051). Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang signifikan (F(10.812, 421.662) = 10.557, p = 5.63 x 10-17 < .05, ?p2 = .213) antara sampel dan emosi, sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap sampel mampu menampilkan makna emosi yang dipahami oleh partisipan meskipun maknanya bercampur pada setiap sampel, contohnya sampel terkejut yang dipersepsikan sebagai emosi bahagia (mean = 3.025), terkejut (mean = 4.375), takut (mean = 3.375) dan marah (mean = 3.425). Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi pembuat robot bahwa cukup dengan menggunakan fitur kelopak mata pada wajah, makna emosi telah dapat dipersepsikan dengan baik oleh manusia sehingga pembuatan robot sosial bisa lebih sederhana.