Article Details

NEW PRODUCT DEVELOPMENT STRATEGY FOR NEW TOURISM AREA THROUGH COLLABORATION APPROACH (CASE STUDY AMADA TOUR IN CITATAH KABUPATEN BANDUNG BARAT)

Oleh   Yohanes Sinarto [29117241]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Sonny Rustiadi, M.B.A., Ph.D.;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek : General management
Kata Kunci : pariwisata berkelanjutan, panjat tebing, kolaborasi
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman   Ena Sukmana
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-09-28 19:06:57

Industri pariwisata terus berkembang baik di pasar local maupun global. Setiap tahunnya usaha travel dan wisata turut berkontribusi dalam peningkatan GDP negara. Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki jumlah wisatawan cukup tinggi baik baik lokal maupun mancanegara. Kabupaten Bandung Barat adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki kekayaan alam dengan potensi wisata berkelanjutan. AMADA Tour sebagai agen travel yang menangani wisata domestik dan luar negeri melihat kesempatan ini untuk dapat mengembangkan bisnis. AMADA Tour berkolaborasi dengan komunitas lokal rock climbing untuk menciptakan paket wisata baru dengan konsep kegiatan adrenalin yang dapat menarik minat wisatawan untuk datang berwisata ke Citatah. Tidak hanya dengan komunitas lokal, AMADA Tour juga bekerja sama dengan stakeholder lain seperti pemerintah lokal dan warga setempat. Dalam proses tersebut terlebih dahulu dilakukan brainstorming untuk mendapatkan strategi yang sesuai. Ada beberapa konsep dan literatur untuk membantu proses validitas data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, proses interview dengan stakeholder dan focus group discussion dengan partisipan yang menjadi target market. Hasil dari proses tersebut dianalisis dengan value proposition, three fit solution, dan javelin board. Kemudian dibuatlah Business Model Canvas yang baru untuk dikembangkan menjadi business plan dengan kegiatan yang terencana. Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan produk baru yang mampu memberikan benefit untuk seluruh stakeholders yang terlibat dan juga menjadikan AMADA Tour terus berkembang.