Industri pariwisata terus berkembang baik di pasar local maupun global. Setiap
tahunnya usaha travel dan wisata turut berkontribusi dalam peningkatan GDP negara.
Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki jumlah wisatawan cukup tinggi
baik baik lokal maupun mancanegara. Kabupaten Bandung Barat adalah salah satu
daerah di Jawa Barat yang memiliki kekayaan alam dengan potensi wisata berkelanjutan.
AMADA Tour sebagai agen travel yang menangani wisata domestik dan luar negeri
melihat kesempatan ini untuk dapat mengembangkan bisnis. AMADA Tour
berkolaborasi dengan komunitas lokal rock climbing untuk menciptakan paket wisata
baru dengan konsep kegiatan adrenalin yang dapat menarik minat wisatawan untuk
datang berwisata ke Citatah. Tidak hanya dengan komunitas lokal, AMADA Tour juga
bekerja sama dengan stakeholder lain seperti pemerintah lokal dan warga setempat.
Dalam proses tersebut terlebih dahulu dilakukan brainstorming untuk mendapatkan
strategi yang sesuai. Ada beberapa konsep dan literatur untuk membantu proses
validitas data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, proses
interview dengan stakeholder dan focus group discussion dengan partisipan yang
menjadi target market. Hasil dari proses tersebut dianalisis dengan value proposition,
three fit solution, dan javelin board. Kemudian dibuatlah Business Model Canvas yang
baru untuk dikembangkan menjadi business plan dengan kegiatan yang terencana.
Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan produk baru yang mampu memberikan benefit untuk seluruh stakeholders yang terlibat dan juga menjadikan AMADA Tour
terus berkembang.