digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Adibah Bahiah binti Awang
PUBLIC Sandy Nugraha

Permasalahan yang berkaitan dengan anak-anak marginal di tengah kota seperti Chow Kit merupakan sebuah isu yang kompleks dan penting untuk segera diselesaikan. Permasalahan ini muncul dari sejumlah faktor yang berbeda, mulai dari latar belakang sosial ekonomi, kebijakan pemerintah bahkan situasi politik dari waktu ke waktu. Kurangnya akses pendidikan formal menyebabkan anak-anak ini mulai terpinggirkan dari sistem pendidikan umum sehingga pendidikan mereka cenderung didapatkan dari sekolah non-formal yang dikelola oleh organisasi nirlaba. Meskipun sejauh ini sekolah-sekolah non-formal tersebut dirasa cukup untuk memfasilitasi kelompok tersebut, meningkatnya organisasi swasta yang membuka fasilitas pendidikan sejenis menyebabkan organisasi-organisasi tersebut cenderung berorientasi untuk mendapatkan keuntungan pribadi, daripada mensejahterakan anak-anak tersebut. Selain itu, kelompok sasaran juga memerlukan bentuk pembelajaran yang berbeda, karena sebagian besar dari mereka masih asing dengan sistem pendidikan konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan pendekatan yang lebih sistematis dalam menangani masalah tersebut dengan memperkenalkan konsep modern learning environment. Tujuan dari studi ini tidak hanya berkaitan dengan kesejahteraan anak-anak marginal, tetapi juga menganalisis kualitas sekolah jalanan, sebagai bentuk organisasi pendidikan non-formal,