digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Naufal Sutan Panglima
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

COVER Naufal Sutan Panglima
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Naufal Sutan Panglima
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Naufal Sutan Panglima
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Naufal Sutan Panglima
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Naufal Sutan Panglima
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Naufal Sutan Panglima
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Naufal Sutan Panglima
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Naufal Sutan Panglima
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Light Rail Transit (LRT) Jakarta merupakan sebuah moda transportasi umum berbasis rel yang memiliki daya angkut ringan dan pergerakan cepat yang direncanakan akan dibangun melintasi Kota Jakarta. Dalam aspek perancangan struktur bawah, diperlukan sistem pondasi yang mampu memikul beban aksial maupun beban lateral dari struktur bangunan agar struktur dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Tujuan dari pengerjaan tugas akhir ini adalah melakukan desain sistem pondasi tersebut sesuai dengan kriteria desain dan peraturan yang berlaku. Ruang lingkup lokasi perancangan dibatasi pada segmen Depo – Klender Baru. Sebelum dilakukan perancangan, terlebih dahulu dilakukan analisis terhadap karakteristik tanah terkait potensi likuifaksi pada lokasi perancangan yang dapat memengaruhi daya dukung tanah. Perancangan sistem pondasi didasarkan pada analisis daya dukung dan penurunan yang dilakukan dengan perhitungan manual dan bantuan beberapa perangkat lunak, antara lain Ensoft LPILE, Ensoft GROUP, CSI SAFE, dan PCA Column. Hasil perancangan berupa konfigurasi, dimensi, dan penulangan pondasi disampaikan dalam bentuk dokumen rancangan dan gambar.