digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Galih Primansyah
PUBLIC Alice Diniarti

Sektor transportasi menempati posisi kedua sebagai sektor dengan tingkat pengonsumsian energi tertinggi. Siklus refrigerasi-ejektor diciptakan sebagai langkah penghematan energi pada sektor transportasi. Jenis-jenis siklus refrigerasi-ejektor yaitu siklus refrigerasi-ejektor dengan pemisah, tipe COS (Condenser Outlet Split), tipe DOS (Diffuser Outlet Split), dan tipe multikompresor. Simulasi dilakukan menggunakan perangkat lunak EJECs Thermo-Cycle Simulator 1.0. Simulasi tersebut adalah simulasi parameter jenis siklus dan jenis refrigeran dan simulasi parameter operasi. Simulasi dilakukan untuk mendapatkan jenis siklus dan refrigeran terbaik dan mengetahui korelasi antara parameter operasi dengan parameter kinerja (COP, daya kompresor, dan efisiensi eksergi). Refrigeran yang digunakan pada simulasi adalah R-134a, R-152a, R-1234ze(E), R-1234yf, dan R-22. Hasil simulasi menunjukkan bahwa siklus refrigerasi-ejektor tipe DOS dan COS merupakan siklus dengan kinerja COP dan daya kompresor terbaik. Namun, ditinjau secara efisiensi eksergi, siklus refrigerasi-ejektor dengan pemisah merupakan siklus dengan kinerja terbaik. Simulasi tersebut juga menunjukkan bahwa refrigeran R-152 merupakan refrigeran dengan kinerja COP, daya kompresor, dan efisiensi eksergi. Selain itu, efisiensi kompresor dan temperatur evaporator memiliki pengaruh yang positif terhadap COP dan efisiensi eksergi. Temperatur kondensor memiliki pengaruh yang cenderung negatif terhadap COP dan pengaruh yang cenderung positif terhadap daya kompresor dan efisiensi eksergi sistem. Tekanan penukar panas memiliki pengaruh yang fluktuaktif terhadap parameter kinerja. Beban pendinginan tidak memiliki pengaruh terhadap semua parameter kinerja kecuali daya kompresor.