PT Dasindo Media Surabaya merupakan bisnis keluarga yang mengelola bisnis
waralaba Dale Carnegie Surabaya. Mulai dari tahun 2017 hingga sekarang, Dale Carnegie
Surabaya menghadapi ancaman perencanaan suksesi dalam proses transfer
kepemimpinan dan kepemilikan kepada ahli waris. Ancaman tersebut ditandai dengan
perilaku pemimpin saat ini yang tidak membentuk karyawannya menjadi mandiri
sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan karyawan dalam pengambilan keputusan
strategis dan timbulnya gejala demotivasi karyawan yang ditandai dengan tingginya
angka absensi (keterlambatan, cuti mendadak, sakit dan ijin) di perusahaan. Sehingga
menyebabkan terjadinya penurunan penjualan sejak tahun 2015. Permasalah karyawan
dan menurunnya pendapatan perusahaan, menjadi hambatan dalam proses transisi dari
owner ke suksesor dan menjadi tantangan bagi suksesor dalam proses transisi. Studi ini
berupaya untuk mencari akar permasalahan di proses transisi dan bertujuan untuk
memperbaikinya agar proses transisi dari owner ke suksesor dapat berjalan lancar.
Business Sucession Planning (BSP) menjadi dasar dalam proses analisa data hasil
kuesioner dan interview di studi ini. Studi ini menggunakan 7 dimensi BSP. Kemudian
dimensi-dimensi tersebut dikembangkan menjadi 45 pertanyaan interview dan 18
pernyataan kuesioner dengan melibatkkan dua puluh lima karyawan PT Dasindo Media
sebagai respondent dan dua orang pemilik perusahaan sebagai narasumber dalam proses
pengambilan data.
Hasil analisa studi ini menunjukkan bahwa terdapat satu dimensi yang tergolong
kedalam kategori dimensi sangat jelek yaitu dimensi Visi Keluarga sehingga
membutuhkan perubahan untuk mengatasinya. Di sisi lain, dimensi Business Strategic
Plan dan Leadership Transition termasuk kedalam kategori dimensi jelek sehingga
diperlukan perbaikan besar terhadap dimensi-dimensi tersebut. Oleh karena itu studi ini
memberikan tiga alternatif solusi yaitu Cognitif Behaviorial Therapy, Daily Scrum, dan
Corporate Repository.
Perpustakaan Digital ITB