digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Dasindo Media Surabaya merupakan bisnis keluarga yang mengelola bisnis waralaba Dale Carnegie Surabaya. Mulai dari tahun 2017 hingga sekarang, Dale Carnegie Surabaya menghadapi ancaman perencanaan suksesi dalam proses transfer kepemimpinan dan kepemilikan kepada ahli waris. Ancaman tersebut ditandai dengan perilaku pemimpin saat ini yang tidak membentuk karyawannya menjadi mandiri sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan karyawan dalam pengambilan keputusan strategis dan timbulnya gejala demotivasi karyawan yang ditandai dengan tingginya angka absensi (keterlambatan, cuti mendadak, sakit dan ijin) di perusahaan. Sehingga menyebabkan terjadinya penurunan penjualan sejak tahun 2015. Permasalah karyawan dan menurunnya pendapatan perusahaan, menjadi hambatan dalam proses transisi dari owner ke suksesor dan menjadi tantangan bagi suksesor dalam proses transisi. Studi ini berupaya untuk mencari akar permasalahan di proses transisi dan bertujuan untuk memperbaikinya agar proses transisi dari owner ke suksesor dapat berjalan lancar. Business Sucession Planning (BSP) menjadi dasar dalam proses analisa data hasil kuesioner dan interview di studi ini. Studi ini menggunakan 7 dimensi BSP. Kemudian dimensi-dimensi tersebut dikembangkan menjadi 45 pertanyaan interview dan 18 pernyataan kuesioner dengan melibatkkan dua puluh lima karyawan PT Dasindo Media sebagai respondent dan dua orang pemilik perusahaan sebagai narasumber dalam proses pengambilan data. Hasil analisa studi ini menunjukkan bahwa terdapat satu dimensi yang tergolong kedalam kategori dimensi sangat jelek yaitu dimensi Visi Keluarga sehingga membutuhkan perubahan untuk mengatasinya. Di sisi lain, dimensi Business Strategic Plan dan Leadership Transition termasuk kedalam kategori dimensi jelek sehingga diperlukan perbaikan besar terhadap dimensi-dimensi tersebut. Oleh karena itu studi ini memberikan tiga alternatif solusi yaitu Cognitif Behaviorial Therapy, Daily Scrum, dan Corporate Repository.