COVER Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 8 Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Syifa Maudini Nurtyas
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Light Rail Transit (LRT) Jakarta Koridor Timur-Barat merupakan salah satu
koridor yang direkomendasikan dalam jaringan jalur kereta api DKI Jakarta tahun
2019-2039. Koridor ini direncanakan untuk mengakomodasi pergerakan
penumpang dari daerah DKI Jakarta yang berbatasan dengan Kota Bekasi (Pulo
Gebang) dan Kota Tangerang (Joglo). Pembangunan koridor ini dibagi menjadi 2
tahap yaitu Tahap I (Pulo Gebang-Karet) sepanjang 20,6 km dan Tahap II (Karet-
Joglo III) sepanjang 12,35 km. Pada Tugas Akhir ini, akan didesain jalan rel layang
yang difokuskan pada Tahap I yang terdiri dari 12 stasiun dan 1 stasiun yang
tergabung dengan dipo. Perancangan dalam Tugas Akhir Desain ini dilakukan
dengan menganalisis hasil pengolahan data sekunder seperti peta/citra satelit
Google Earth, jumlah permintaan penumpang (tahun 2023-2063), dan spesifikasi
sarana LRT yang digunakan. Hasil analisis tersebut kemudian digunakan dalam
perancangan geometri jalan rel, komponen jalan rel, operasional kereta, dan
emplasemen stasiun yang mengacu pada standar yang berlaku. Perancangan
geometri rel dikhususkan untuk segmen Dipo-Buaran II dengan trase sepanjang
8,57 km, jari-jari terkecil sebesar 200 m, serta pada elevasi 17 m hingga 23 m.
Kemudian, dengan daya angkut lintas 14.303.520 ton/tahun pada tahun 2063, jalan
rel dengan lebar sepur 1435 mm tergolong ke dalam kelas jalan rel II dan rel yang
digunakan adalah rel R-60. Komponen jalan rel LRT ini menggunakan sistem direct
fixation tanpa komponen balas dengan sambungan rel berupa pengelasan, penambat
rel jenis Pandrol E-Clip, dan bantalan rel berupa concrete plinth bertulang.
Sementara itu, perancangan operasional dilakukan untuk seluruh Tahap I (Dipo-
Karet) di mana pada awal tahun operasional (tahun 2023), dengan demand
sebanyak 47.896 penumpang/KA/hari dibutuhkan 8 rangkaian yang terdiri dari 2
kereta yang akan beroperasi selama 18 jam/hari dengan headway 12,56 menit.
Emplasemen stasiun ujung terdiri dari 2 jalur naik-turun penumpang, peron
sepanjang 105 meter dan lebar 6,5 meter pada masing-masing jalur, dan wesel jenis
W-12 dengan persilangan.
Perpustakaan Digital ITB