digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Khalif Hakeem Rizal
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Pengembangan prototipe kereta cepat memerlukan pemenuhan standar mutu dan keselamatan yang tinggi. Namun, proses perakitan menghadapi tantangan akibat ketidaklengkapan informasi pada gambar teknik struktur penyusunnya. Kondisi ini menjadikan evaluasi terhadap kelengkapan gambar teknik dan prosedur perakitan sebagai aspek krusial dalam menjamin kelaikan fungsi serta keselamatan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelengkapan informasi gambar teknik serta menyusun prosedur perakitan struktur sidewall pada carbody kereta cepat. Metodologi penelitian mengacu pada kerangka Geometric Product Specifications (GPS), yang mencakup analisis gambar teknik dan model tiga dimensi (3D), identifikasi urutan perakitan, evaluasi kapabilitas jig dan fixture, serta penyusunan rekomendasi perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain struktur sidewall belum sepenuhnya memuat informasi geometris secara dibutuhkan. Dari sisi prosedur, alur perakitan diawali dengan bolster pada underframe sebagai acuan utama, dilanjutkan dengan pemasangan endwall, sidewall, roof, dan driver cab. Selain itu, ditemukan bahwa kapabilitas fixture yang tersedia belum sepenuhnya mendukung pemenuhan spesifikasi geometris. Oleh karena itu, disusun rekomendasi peningkatan kualitas fixture melalui optimasi konfigurasi serta pemanfaatan teknologi pengukuran presisi berbasis large volume metrology untuk proses inspeksi struktur carbody. Rekomendasi ini diharapkan mampu meningkatkan presisi, efisiensi, dan kualitas keseluruhan dalam proses perakitan carbody kereta cepat.