Cover
PUBLIC karya Abstrak
PUBLIC karya Abstract
PUBLIC karya Lembar Pengesahan
PUBLIC karya Tesis
PUBLIC karya
Kegiatan belajar dan mengajar yang dilaksanakan di SMK dengan paket keahlian
Teknik Mesin sulit melakukan praktek pelatihan perakitan mobil terkait dengan
waktu, biaya, dan situasi lapangan yang sulit dikondisikan sehingga pembelajaran
lebih dominan di kelas padahal siswa SMK dituntut memiliki keahlian dan
keterampilan agar mereka siap kerja. Gamifikasi berbasis Virtual Reality
menggunakan metode Problem Based Learning dapat menjadi alternatif solusi
masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh penerapan
Problem Based Learning pada gamifikasi berbasis Virtual Reality terhadap
pembelajaran siswa. Penelitian ini mengadopsi metodologi Design Research
Methodology (DRM) yang meliputi empat tahapan penelitian: 1) Klarifikasi
Penelitian; 2) Studi Deskriptif I; 3) Studi Petunjuk; dan 4) Studi Deskriptif II.
Responden untuk penelitian ini diambil dari siswa SMK paket keahlian Teknik
Mesin. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei dan game log.
Evaluasi menggunakan dua level pertama dari model evaluasi Kirkpatrick, yaitu
evaluasi reaksi dan reaksi pembelajaran. Evaluasi reaksi untuk mengukur apakah
aplikasi usulan dapat diterima oleh pengguna dan berpengaruh positif terhadap
implementasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran menggunakan uji statistik,
yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t berpasangan, dan uji t Welch. Hasil untuk
uji t berpasangan menunjukkan bahwa aplikasi usulan meningkatkan pengetahuan
pengguna sebesar 23,4 % dan hasil uji t Welch menunjukkan bahwa pembelajaran
dengan gamifikasi berbasis Virtual Reality menggunakan metode Problem Based
Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional.