digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Fitria Ghaisani
PUBLIC Taupik Abidin

Indonesia, sebagai negara berpenduduk tertinggi di ASEAN dengan persentase sampah organik yang tinggi, mempengaruhi beberapa perusahaan untuk bergerak menciptakan manufaktur hijau yang menjadi lebih ramah lingkungan. Saat ini, sebagian besar dari semua bisnis manufaktur hijau telah beralih dari offline ke pemasaran online, terutama di media sosial seperti Instagram. Peran Instagram sangat penting dalam membangun merek bisnis mulai dari membentuk citra merek, berbagi nilai-nilai perusahaan melalui konten, membangun hubungan dan interaksi dengan konsumen, dan mengarah ke penjualan. PASMA adalah merek manufaktur ramah lingkungan di Bandung yang memiliki masalah terkait dengan peningkatan kinerja di Instagram. PASMA memiliki kendala pada jangkauan audiensi dan tingkat keterlibatan pengikut di Instagram. Jumlah pemirsa di Instagram Story, jumlah suka, dan komentar terus menurun dari waktu ke waktu. Untuk dapat bersaing dalam bisnis manufaktur hijau, diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk Instagram. Berdasarkan situasi itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dan mengevaluasi kinerja PASMA Instagram untuk mendapatkan wawasan tentang pengembangan konten Instagram PASMA yang menarik. Penelitian ini digunakan analisis internal menggunakan analisis PASMA Company dan Analisis Konten Kuantitatif menggunakan analisis wawasan Instagram dan Bakerspace dari @ pasma.eco dan analisis eksternal menggunakan analisis PESTLE dan Five Forces Porter dengan penggunaan media sosial dalam bisnis PASMA, kemudian dirumuskan beberapa strategi rekomendasi berdasarkan analisis SWOT PASMA. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa perbaikan harus dilakukan. Instagram dari PASMA Company memiliki tingkat keterlibatan yang kurang dengan pengikut di Instagram. Untuk dapat memperbaikinya, itu harus dimulai dengan meningkatkan strategi konten pemasaran yang menarik yang dibagikan melalui feed dan cerita dan juga influencer marketing yang sesuai dengan target pasar. Konten pemasaran harus sesuai untuk kepentingan audiens targetnya. Jika ini berhasil, akan lebih mudah untuk meningkatkan kinerja bisnis di Instagram. Konten yang menarik di Instagram penting untuk mendorong PASMA untuk meningkatkan keterlibatan tinggi di Instagram-nya dan menjaga audiens tetap kembali. Dengan demikian menjadikan PASMA Instagram efektif dalam mengamankan nilai yang dikirim ke calon pembeli dan meningkatkan jumlah pelanggan PASMA. Dalam meningkatkan strategi pada konten Instagram PASMA, proses ini membutuhkan sumber daya dan dedikasi yang sangat tinggi. Di mana PASMA memiliki masalah dengan media sosialnya, di mana ada konten yang buruk dengan PASMA Instagram selama proses kelangsungan bisnis. Sangat kecil untuk memicu interaksi yang melibatkan pengikut, suka, ulasan, partisipasi, menyimpan, berbagi. Namun PASMA tahu itu akan mengatasi tantangan ini dan dapat menyelesaikan masalah ini dengan serius. Oleh karena itu ada beberapa strategi yang PASMA dapat lakukan untuk mengembangkan konten Instagram-nya yang mengembangkan pengetahuan PASMA di industri hijau, mengembangkan keterampilan pemasaran digital PASMA, mengembangkan kegiatan PASMA Instagram, mengembangkan aksesibilitas PASMA Instagram, 2 dan mengembangkan pasca-konsistensi Instagram yang menelan biaya Rp 1.436.200 untuk Agustus 2020 hingga Juli 2021 untuk mengalokasikan anggaran PASMA.