digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Abdurrahman Ayasy
PUBLIC Alice Diniarti

Menjadi negara tropis di tengah khatulistiwa menjadikan hal tersebut sebagai anugrah bagi Indonesia, sebagaimana hal tersebut menjadikan keanekaragaman hayati di negara ini sangatlah beragam pada seluruh daerah di Indonesia, medan gunung & hutan adalah salah satunya. Hal ini juga yang kemudian menciptakan banyak kegiatan alam terbukja di Indonesia cukup digandrungi, mulai dari penelitian, konservasi, SAR, hingga tafakur alam bagi para pegiat alam terbuka. Navigasi darat adalah salahsatu dari banyak skill yang sangat dibutuhkan dalam berkegiatan di gunung-hutan, menjadikannya salah satu ilmu wajib yang harus dimiliki & digunakan saat berkegiatan di alam terbuka. Namun, dalam pelaksanaan pendidikan navigasi darat, terdapat materi pemahaman topografi celah pemahaman antara teori navigasi darat, dengan bagaimana cara pelajar navigasi darat mengartikulasikan pemahaman dari peta topografi kedalam bentuk tiga dimensi. Harapannya penelitian ini dapat memecahkan masalah tersebut.