digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2020 TA PP KARINA SUKMA SEPTIAN 1.pdf ]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam dunia pendidikan dasar kini, siswa kelas 1-3 (dengan rentang usia 7-9 tahun) masih sering mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu kesulitan yang dialami adalah kemampuan merangkai kata dan memahami arti kalimat. Berdasarkan permasalahan tersebut, dalam proyek Tugas Akhir dilakukan perancangan produk mainan edukasi yang ditujukan untuk mengatasi kesulitan mempelajari rangkaian kata dan memahami arti kalimat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sekaligus membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Untuk mendukung proses perancangan, dilakukan studi ekstensif melalui kajian literatur tentang pembelajaran bahasa Indonesia, wawancara dengan psikolog anak dan dokter yang memahami masa tumbuh kembang anak, serta observasi langsung di beberapa lokal kelas Sekolah Dasar di kota Bandung.