Article Details

PENGEMBANGAN MODEL KINERJA TRANSFER TEKNOLOGI (STUDI KASUS: TEKNOLOGI CARBON FIBER REINFORCED PLASTIC (CFRP) DI PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO))

Oleh   Muhamad Mufri Juddin Addul A. [23417002]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Iwan Inrawan Wiratmadja;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : FTI - Teknik dan Manajemen Industri
Fakultas : Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Subjek :
Kata Kunci : transfer teknologi, teknologi, kinerja, CFRP, technology transfer performance, host characteristic, demand environment, technology learning capability
Sumber :
Staf Input/Edit : Alice Diniarti  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-07-02 06:22:31

Perkembangan desain dan kemajuan teknologi pada pesawat terbang yang semakin canggih beriringan dengan meningkatnya kebutuhan terhadap penggunaan material yang semakin baik. Hal tersebut memicu industri pesawat terbang terdorong untuk menggunakan teknologi carbon fiber reinforced plastic (CFRP) dengan penggunaan bahan komposit yang mengandalkan carbon fiber sebagai komponen utama untuk memberikan kekuatan dan kekakuan. Permintan dari perusahaan rekanan terhadap teknologi CFRP mendorong perusahaan untuk beralih menerapkan teknologi tersebut. Teknologi CFRP untuk komponen besar pesawat merupakan hal baru bagi PT. Dirgantara Indonesia (Persero) dan belum terdapat evaluasi terhadap kinerja dari transfer teknologi CFRP yang sedang dilakukan. Kinerja transfer teknologi ditujukan untuk mengukur dampak efektivitas dari transfer teknologi yang dilakukan. Sedangkan efektivitas merupakan keberhasilan dari proses transfer teknologi. Sehingga, evaluasi terhadap faktor-faktor kinerja dibutuhkan untuk melakukan tindakan yang tepat demi keberlangsungan transfer teknologi CFRP yang dilakukan. Model penelitian dikembangkan dengan menggunakan model dasar Mohamed dkk. (2012) dengan model penunjang Bozeman dkk. (2015). Selain menggunakan kedua model tersebut, juga dilakukan elaborasi untuk faktor-faktor yang akan diuji berdasarkan penelitan terdahulu yang telah dilakukan mengenai transfer teknologi. Model penelitian yang dikembangkan terdiri dari empat konstruk yaitu konstruk demand environment, host characteristic, technology learning capability dan technology transfer performance. Penelitian menggunakan unit analisis perusahaan yang diwakili oleh individu. Data diambil melalui wawancara dan penyebaran kuesioner persepsi kepada karyawan PT. Dirgantara Indonesia (Persero) yang terlibat dalam proses transfer teknologi CFRP. Pengolahan data dilakukan dengan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kinerja tranfer teknologi CFRP berdasarkan konstruknya. Hasil penelitian menunjukkan demand environment memiliki pengaruh tidak langsung terhadap technology transfer performance yang dimediasi secara penuh oleh technology learning capability. Sedangkan, host characteristic dan technology learning capability memiliki pengaruh langsung terhadap technology transfer performance berdasarkan proses transfer teknologi CFRP yang sedang dilakukan.