digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Mohamad Fikri Ramdani
PUBLIC Alice Diniarti

Teknologi yang terus menerus mengalami perkembangan menjadi faktor pendukung untuk mewujudkan transportasi yang aman dan nyaman. Analisa kelaikan tabrak dari struktur berdinding tipis dengan berbagai macam geometri penampang telah banyak dipelajari. Namun penggunaan material hibrida yang merupakan kombinasi dari logam dan komposit masih jarang dilakukan. Dengan digunakannya material hibrida ini dapat diperoleh pengurangan berat jika dibandingkan dengan struktur aluminum dan juga biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan struktur berbasis material carbon fibre reinforced polymer (CFRP). Pada penelitian ini, analisis kelaikan tabrak pada struktur berdinding tipis bersudut jamak dengan material hibrida dilakukan dengan kasus pembebanan aksial. Selanjutnya dilakukan pula studi parametrik untuk mempelajari pengaruh dari geometri penampang, jenis material komposit yang dipakai, orientasi dan ketebalan dari komposit. Pemodelan dilakukan secara numerik dengan menggunakan bantuan software LS-DYNA. Dari studi yang dilakukan, struktur crashbox hibrida berpenampang oktagon memiliki nilai crushing force efficiency lebih tinggi dibandingkan struktur crashbox hibrida berpenampang persegi, heksagon, dan lingkaran. Penggunaan material hibrida dapat menurunkan massa dari crashbox hingga 11% dan meningkatkan specific energy absorption (SEA) sebesar 14%. Nilai mean crushing force pada struktur crashbox hibrida tidak sama dengan penjumlahan nilai mean crushing force aluminum dengan komposit. Penggunaan material komposit pada struktur hibrida aluminum-CFRP quasi isotropik berpenampang oktagon memberikan faktor penguatan sebesar 2 kali lipat pada mean crushing force struktur pelapis komposit.