ABSTRAK - Zevincent Queenata
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - Zevincent Queenata
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 - Zevincent Queenata
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 - Zevincent Queenata
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 - Zevincent Queenata
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 - Zevincent Queenata
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 - Zevincent Queenata
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA - Zevincent Queenata
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Sayap pesawat merupakan komponen penting yang bertanggung jawab untuk menghasilkan gaya angkat selama penerbangan. Karena strukturnya yang berdinding tipis, sayap harus menyeimbangkan kekuatan dan karakteristik ringan, sehingga rentan terhadap tekuk (buckling) di bawah kondisi pembebanan tertentu. Tekuk dapat menyebabkan gangguan aerodinamika yang parah dan pengurangan kekakuan, yang berujung pada kegagalan katastropik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perilaku tekuk pada struktur sayap pesawat, khususnya center wing box, dengan menggunakan Analisis Elemen Hingga (FEM). Penelitian ini melibatkan pengembangan model numerik untuk melakukan analisis tegangan dan tekuk pada struktur center wing box, dengan menggunakan metode linier dan non-linier. Analisis tekuk linier digunakan untuk menentukan input ketidaksempurnaan awal, sementara analisis non-linier, khususnya metode Riks, dilakukan untuk menangkap perilaku tekuk aktual dan fenomena snap-through. Analisis tekuk pada panel yang diperkuat (stiffened panel) pertama-tama dilakukan untuk memvalidasi metode Riks. Hasil dari model panel yang diperkuat divalidasi terhadap data eksperimen, menunjukkan kesesuaian yang erat dan membuktikan keandalan metode tersebut. Selain itu, analisis tekuk pada model wing box yang disederhanakan mengungkap zona kegagalan kritis di dekat akar sayap, yang menyoroti risiko potensial pada struktur sayap di dunia nyata. Baik analisis statis maupun tekuk pada model center wing box menunjukkan bahwa spar dari center wing box mengalami tekuk dan tegangan maksimum di bawah jenis pembebanan tertentu.
Perpustakaan Digital ITB