IPC Car Terminal merupakan terminal pelabuhan yang dibangun pada tahun
2006 yang terletak di Jalan Sindang Laut No.101, Cilincing, Jakarta Utara. IPC
Car Terminal merupakan satu-satunya terminal kendaraan yang menjadi terminal
pelabuhan internasional karena posisi strategis pada jalur pelayaran internasional
dan dekat dengan tempat produksi kendaraan di Karawang sehingga meringankan
kepadatan trafik di Pelabuhan Tanjung Priok, mengurangi biaya logistik, dan
mengembangkan sektor ekonomi. Agar aktivitas terminal pelabuhan berjalan
dengan optimal maka pada Tugas Akhir ini akan dibahas mengenai Perancangan
Pola Operasi Terminal Internasional IPC Car Terminal.
Perancangan pola operasi didasarkan pada dimensi rencana yang telah
direncanakan melalui Rencana Induk Jangka Panjang IPC Car Terminal dan
kaidah desain serta peraturan yang terkait seperti Keputusan Direktur Jenderal
Perhubungan Laut UM.002/38/18/DJPL-11 dan Peraturan Kantor Otoritas
Pelabuhan UM.008/36/14/OP.TPK 18. Pembahasan Tugas Akhir ini meliputi
pembahasan operasi bongkar muat IPC Car Terminal, perhitungan dimensi
dermaga rencana IPC Car Terminal, perancangan pola operasi dermaga, pola
operasi lapangan penumpukan, dan perhitungan kapasitas lapangan penumpukan.
Pembahasan operasi bongkar muat IPC Car Terminal terdiri atas pembahasan
bongkar muat IPC Car Terminal, sistem operasi IPC Car Terminal, dan indikator kinerja pelayanan IPC Car Terminal. Pembahasan penentuan dimensi dermaga
dan perancangan pola operasi dermaga terdiri atas perancangan area dermaga,
penentuan dimensi dermaga rencana, perancangan pola operasi dermaga, dan
kinerja layanan rencana bongkar muat dermaga. Sedangkan pembahasan
perancangan pola operasi lapangan penumpukan dan penentuan kapasitas
lapangan penumpukan terdiri atas perancangan area lapangan penumpukan,
penentuan dimensi lapangan penumpukan, perancangan pola operasi lapangan
penumpukan, penempatan kargo di lapangan penumpukan, perhitungan kapasitas
lapangan penumpukan, perhitungan layanan kerja lapangan penumpukan.