Industri pariwisata terlihat mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Dipicu oleh peningkatan teknologi dan jaringan transportasi di seluruh dunia, industri ini telah mengalami pertumbuhan yang tajam. Salah satu kategori pariwisata yang mendapat perhatian besar adalah wisata pendidikan, yang melakukan kegiatan penelitian dan akuisisi pengetahuan. Sektor pendidikan telah mendapatkan popularitas akhir-akhir ini dan merupakan sub-sektor yang tumbuh cepat di industri perjalanan dan pariwisata. Perjalanan pendidikan memiliki tantangan besar, bagaimana untuk tetap bertahan di lanskap ini, dan unggul sesuai dengan harapan pelanggan dan kesiapan untuk mendisrupsi atau mendapat disrupsi secara langsung maupun tidak langsung.
Industri pariwisata pendidikan juga telah mengikuti tren saat ini dan telah memilih model bisnis berdasarkan lingkungan digital, yang telah mengarah pada revolusi otentik di sektor ini.
Fokus ekosistem pariwisata juga, termasuk wisatawan, penyedia layanan dan pemerintah, di sekitar masyarakat setempat, dan lembaga akademis di tempat tujuan. Melalui kolaborasi, ini akan terus meningkatkan pengalaman pariwisata masing-masing.
Untuk memahami dampak dari taktik tersebut di berbagai bidang seperti loyalitas pelanggan, kepuasan, dan keseluruhan. Akan dilakukan pengukuran menganalisa efek ini dari akar permasalahannya. Pengukuran studi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kasus I-GEN sebagai salah satu pemain pasar dalam perjalanan pendidikan di Indonesia untuk membuat keputusan berbasis data dan untuk mengembangkan strategi di dunia digital saat ini.
Dalam hal ini, Penulis akan memberikan saran kepada perusahaan I-GEN menggunakan blue ocean kanvas strategi, dan strategi kombinasi disrupsi untuk menjadi solusi alternatif untuk bersaing dalam lanskap industri wisata pendidikan.
Juga akan menyimpulkan rencana mitigasi dalam Pandemi COVID-19 sebagai antisipasi bahwa beban sebenarnya dalam pengaturan berpenghasilan rendah yang mengejar strategi mitigasi bisa jauh lebih tinggi daripada yang tercermin dalam perkiraan ini.
Ini dapat membangun ide baru seperti platform interaktif, ID digital, dan alat pengganggu lainnya, di mana data dan keuntungan dibagi dengan komunitas lokal.
Perpustakaan Digital ITB