COVER Muhammad Mujaddid
PUBLIC Alice Diniarti BAB 1 Muhammad Mujaddid
PUBLIC Alice Diniarti BAB 2 Muhammad Mujaddid
PUBLIC Alice Diniarti
BAB 3 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
BAB 4 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
BAB 5 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
BAB 6 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
BAB 7 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
2019 TA PP Muhammad Mujaddid 1 - BAB 8.pdf?
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
Terbatas Alice Diniarti
» ITB
2019 TA PP Muhammad Mujaddid 1 - BAB 9.pdf?
PUBLIC Alice Diniarti PUSTAKA Muhammad Mujaddid
PUBLIC Alice Diniarti
Pelabuhan Tulehu berada di Pulau Ambon dalam administrasi desa Tulehu,
Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Lokasi
Pelabuhan Tulehu yang berada di ujung timur Pulau Ambon memberikan akses
pernyeberangan dari Pulau Ambon ke kepulauan sekitarnya. Pulau Ambon sebagai
pusat ekonomi dan administrasi Provinsi Maluku berperan penting dimana 21%
penduduk Maluku berada di pulau ini. Tulehu merupakan akses menuju Pulau
terbesar di Maluku, Pulau Seram, dari Ambon. Populasi Maluku bertambah sebesar
1,85% per tahun lebih pesat dibanding rata-rata Indonesia.
Untuk mengatasi kelebihan kapasitas penumpang transportasi antar pulau,
Pelabuhan Tulehu diperlukan perluasan. Pada studi kasus tugas akhir mengenai
Perancangan Struktur Dermaga Kapal Penumpang di Tulehu, Maluku, akan dibahas
mengenai desain struktur dermaga dan trestel berdasarkan kriteria desain yang
digunakan sebagai syarat perencanaan struktur dengan mempertimbangkan kondisi
lingkungan pada lokasi studi. Tugas akhir mencakup penentuan dimensi dermaga
dan trestel, pengolahan data lingkungan, perhitungan beban pada dermaga dan
trestel, pemodelan struktur, desain penulangan struktur, dan perhitungan daya
dukung tanah.
Pemodelan struktur dilakukan menggunakan perangkat lunak analisis struktur
untuk mengetahui kekuatan struktur rencana terhadap beban yang bekerja. Hasil
dari pemodelan berupa unity check ratio (UCR), defleksi struktur, gaya dalam balok
dan pelat, serta reaksi perletakan. Perancangan dilakukan untuk mendapatkan
desain struktur yang paling optimal, dilakukan dengan pemeriksaan nilai UCR
sebagai acuan, dengan nilai ditargetkan diantara 0,7 dan 1,0, pemeriksaan nilai rasio
tulangan yang dibutuhkan untuk menentukan luas penampang optimal, dan
pemeriksaan nilai defleksi dengan nilai harus dibawah batas izin layan..
Dari Tugas Akhir ini, dihasilkan desain dermaga dan trestel meliputi geometri
dimensi struktur dan elemen, detail penulangan, dan kedalaman rencana
pemancangan.