digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Mujaddid
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Muhammad Mujaddid
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Muhammad Mujaddid
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

BAB 4 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

BAB 5 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

BAB 6 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

BAB 7 Muhammad Mujaddid
Terbatas Alice Diniarti
» ITB

2019 TA PP Muhammad Mujaddid 1 - BAB 8.pdf?
Terbatas Alice Diniarti
» ITB


PUSTAKA Muhammad Mujaddid
PUBLIC Alice Diniarti

Pelabuhan Tulehu berada di Pulau Ambon dalam administrasi desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Lokasi Pelabuhan Tulehu yang berada di ujung timur Pulau Ambon memberikan akses pernyeberangan dari Pulau Ambon ke kepulauan sekitarnya. Pulau Ambon sebagai pusat ekonomi dan administrasi Provinsi Maluku berperan penting dimana 21% penduduk Maluku berada di pulau ini. Tulehu merupakan akses menuju Pulau terbesar di Maluku, Pulau Seram, dari Ambon. Populasi Maluku bertambah sebesar 1,85% per tahun lebih pesat dibanding rata-rata Indonesia. Untuk mengatasi kelebihan kapasitas penumpang transportasi antar pulau, Pelabuhan Tulehu diperlukan perluasan. Pada studi kasus tugas akhir mengenai Perancangan Struktur Dermaga Kapal Penumpang di Tulehu, Maluku, akan dibahas mengenai desain struktur dermaga dan trestel berdasarkan kriteria desain yang digunakan sebagai syarat perencanaan struktur dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan pada lokasi studi. Tugas akhir mencakup penentuan dimensi dermaga dan trestel, pengolahan data lingkungan, perhitungan beban pada dermaga dan trestel, pemodelan struktur, desain penulangan struktur, dan perhitungan daya dukung tanah. Pemodelan struktur dilakukan menggunakan perangkat lunak analisis struktur untuk mengetahui kekuatan struktur rencana terhadap beban yang bekerja. Hasil dari pemodelan berupa unity check ratio (UCR), defleksi struktur, gaya dalam balok dan pelat, serta reaksi perletakan. Perancangan dilakukan untuk mendapatkan desain struktur yang paling optimal, dilakukan dengan pemeriksaan nilai UCR sebagai acuan, dengan nilai ditargetkan diantara 0,7 dan 1,0, pemeriksaan nilai rasio tulangan yang dibutuhkan untuk menentukan luas penampang optimal, dan pemeriksaan nilai defleksi dengan nilai harus dibawah batas izin layan.. Dari Tugas Akhir ini, dihasilkan desain dermaga dan trestel meliputi geometri dimensi struktur dan elemen, detail penulangan, dan kedalaman rencana pemancangan.