digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rafi Rayhan Hidayat
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Seiring meningkatnya kecepatan operasi kereta api, frekuensi eksitasi yang disebabkan ketidakteraturan jalan rel juga meningkat. Ketika frekuensi eksitasi mendekati frekuensi mode bending vertikal pertama badan kereta, hal ini dapat memengaruhi kenyamanan berkendara. Fenomena resonansi dapat terjadi dan berdampak pada peningkatan level getaran yang terjadi di ruang penumpang. Oleh karena itu, dalam proses desain badan kereta api berkecepatan tinggi, efek fleksibilitas badan kereta terhadap karakteristik dinamika kereta perlu dianalisis. Mengasumsikan badan kereta sebagai benda kaku menjadi kurang relevan dalam konteks kereta api yang beroperasi pada kecepatan tinggi. Dalam tugas sarjana ini, analisis frekuensi pribadi dari mode getar badan kereta dan analisis dinamik akan disimulasikan dengan perangkat lunak Abaqus. Sedangkan model badan kereta bersifat kaku akan disimulasikan menggunakan Universal Mechanism dan Abaqus pada trek lurus dengan variasi kecepatan dan ketidakrataan jalan rel sesuai standar. Penulisan tugas sarjana ini memiliki tujuan utama untuk melakukan analisis mode getar dan frekuensi natural dari struktur badan kereta penumpang. Selain itu, tugas sarjana ini juga bertujuan untuk menjalankan simulasi dinamika benda jamak kereta penumpang dengan menerapkan badan kereta sebagai benda rigid dan fleksibel. Selanjutnya, analisis akan dilakukan terhadap dampak pengaruh mode bending vertikal struktur badan kereta penumpang terhadap level getaran badan kereta. Pengujian numerikal simulasi benda jamak menggunakan satu unit kereta penumpang, akan dipasangkan tiga sensor accelerometer yang terletak pada tengah badan kereta, serta dua sensor lainnya di tumpuan suspensi sekunder badan kereta. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk mendapatkan data percepatan vertikal dalam domain frekuensi untuk model badan kereta bersifat fleksibel dan kaku.