Laporan ini selain akan membantu saya menyelesaikan proyek akhir, juga untuk menyerahkan analisis
dan membantu satu kedai kopi, yang berlokasi di Cimahi untuk meningkatkan kinerjanya terutama di
bidang pemasaran. Saat ini, kita dapat melihat bahwa coffeeshop praktis menjadi kebutuhan utama
bagi semua orang. Hampir semua dari kita menggali tempat untuk bertemu orang-orang di luar dan
terutama mempostingnya di media sosial. Kita dapat mengatakan bahwa kebutuhan telah bergeser,
bahwa nongkrong menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang, baik mereka hanya menyukai
tempat, minuman, suasana atau hanya feed media sosial mereka saja.
Sebelum ini, hanya ada beberapa coffeeshop yang dapat ditemukan di Cimahi, tetapi hari-hari ini kami
kehilangan hitungan. Terlalu banyak. Kemudian saya menemukan coffeeshop, tetapi belum bekerja
dengan penghasilan bulanan mereka. Coffeeshop ini disebut: Sejoli Coffee, yang terletak di Jl. Encep
Kartawiria No.206, Citeureup, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Mereka telah berjalan
selama lebih dari 2 tahun sekarang dan masih berjalan tetapi masih tidak mendapat keuntungan sampai
sekarang. Untuk saat ini, Sejoli Kopi telah mengalami persaingan selama dua tahun terakhir dengan
pesaing mereka. Sejoli Coffee bukanlah pemimpin pasar, itulah sebabnya mengapa kita perlu
membuat strategi unik yang hanya dapat ditemukan di Sejoli Coffee sehingga akan menjangkau lebih
banyak penonton. Biaya operasional coffeeshop ini juga merupakan masalah bagi manajemen.
Kekuatan internal dan kelemahan dalam bisnis ini akan dibahas bersama dengan ancaman dan peluang
eksternal dalam laporan ini. Laporan ini juga bermaksud untuk memberikan rekomendasi strategis
menyeluruh pada Kopi Escape berdasarkan berbagai metode analisis seperti, analisis PEST, SWOT,
TOWS Matrix.
Oleh karena itu penulis akan mencoba mengusulkan beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh Sejoli
Coffee yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang baru, diantaranya membuat program promosi
yang berbeda dan unik, meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kualitas minuman (terutama
kopi) dan makanan, sehingga membedakan Sejoli Coffee dengan coffeeshop lainnya.
Perpustakaan Digital ITB