digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pendengar radio konvensional terus menurun, penurunan ini disebabkan karena terjadinya perubahan kebiasaan masyarakat yang tadinya mendengarkan radio konvensional menjadi pendengar digital audio. SVARA adalah Start-up yang menyediakan layanan platform audio streaming, yang menyediakan fitur radio streaming, musik dan podcast bagi pendengarnya. SVARA membutuhkan strategi untuk meningkatkan jumlah user. Untuk mencapai target tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan strateg pemasaran melalui advokasi brand. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif,, metode kualitatif diambil dengan cara melakukan interview kepada pengguna SVARA, dan metode kuantitatif data diperoleh dari menyebarkan kuesioner secara random kepada potential customer dan user SVARA, data realtime user pun didapatkan dari internal perusahaan. Analisis eksternal perusahaan menggunakan PESTEL dan analisis kompetitor. Analisis Internal perusahaan menggunakan STP, Marketing mix dan VRIO analysis. SWOT analysis digunakan untuk membuat kesimpulan dari kedua analisis tersebut. The Five A’s analysis digunakan untuk menggambarkan customer journey, guna menghasilkan tingkat konversi dari potential customer untuk menjadi brand advocator. Diperlukan strategy untuk meningkatkan tingkat konversi customer dari tahap Aware hingga ke tahap Advocate, tahap Aware merupakan gerbang kunci untuk menaikan tingkat konversi ini, strategy yang dilakukan adalah melakukan brand positioning, differentiation and marketing communication pada tahap pertama (Aware), setelah customer melawati phase pertama, pada setiap phase selanjutnya diperlukan juga strategy agar customer berada di tahap “Advocate”. Diamond Strategy digunakan untuk menerapkan strategy sesuai kapabilitas perusahaan. Untuk mengkonversi customer dari tahap satu ke yang lainnya dalam customer path; Aware, Appeal, Ask, Act, Advocate maka SVARA perlu menerapkan strategi, apabila SVARA dapat menerapkan strategi tersebut dalam waktu yang tepat maka target untuk menambah pengguna Aplikasi SVARA melalui brand advocator dapat tercapai