digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Annisa Deliananda
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Annisa Deliananda
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Annisa Deliananda
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Annisa Deliananda
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Annisa Deliananda
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Annisa Deliananda
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan

Industri minuman olahan saat ini telah berkembang pesat di Indonesia. Suatu industri minuman, dalam persaingan usaha, perlu meningkatkan kinerja penjualannya. Studi tugas akhir ini bertujuan mengkaji suatu model penentuan strategi pemasaran terbaik di suatu perusahaan minuman olahan. Pada Tugas Akhir ini, terdapat empat produk dari suatu industri minuman olahan yang dijadikan sebagai objek studi yaitu susu biasa, susu coklat, susu strawberry dan susu mocca. Data yang digunakan berupa data jumlah produk yang terjual dan data pendapatan dari penjualan produk susu tersebut. Berdasarkan data penjualan pada tahun 2018 telah dibangun model penjualan dengan pendekatan metode kuadrat terkecil. Dari model yang dibuat, laju kenaikan atau penurunan ditentukan dengan metode diferensiasi. Selanjutnya dengan kendala yang ada dilakukan optimisasi melalui simulasi. Dari simulasi optimisasi tersebut didapatkan profit maksimum dalam setahun yang bisa diperoleh perusahaan ketika menjual ke-empat produk susu tersebut, selain itu dengan menggunakan metode optimisasi juga diperoleh biaya produksi minimum yang harus dimiliki oleh perusahaan. Dari studi yang telah dilakukan, model penentuan strategi pemasaran terbaik untuk perusahaan tersebut telah dikembangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk susu coklat merupakan produk yang paling diminati oleh konsumen dan produk ini merupakan produk yang paling berpengaruh pada pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan.