Article Details

SEKOLAH ALAM SENTUL CITY BOGOR

Oleh   Ginani Hening Utami [15212026]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Christina Gantini, M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : SAPPK - Arsitektur
Fakultas : Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan
Subjek : Engineering & allied operations
Kata Kunci : Pendidikan, Sekolah Alam, Sentul City, Harmoni, Organik
Sumber :
Staf Input/Edit : Alice Diniarti   Ena Sukmana
File : 9 file
Tanggal Input : 29 Okt 2019

Sistem pendidikan formal di Indonesia dewasa ini menggunakan metode yang kurang mengembangkan kepribadian, kreativitas, serta akhlak siswa. Sekolah Alam menawarkan konsep pendidikan yang dekat dengan alam, dengan metode pendidikan yang berfokus pada pengembangan kepribadian, akhlak dan kreativitas siswa. Sentul City berusaha mewujudkan sebuah fasilitas sekolah bertaraf Internasional yang selaras dengan lingkungan alam dengan mengalokasikan sebuah lahan untuk dibangun menjadi salah satu sarana pendidikan bertemakan alam, yang kemudian akan dibangun menjadi Sekolah Alam Sentul City, Bogor. Lokasi lahan berada di distrik Karangtengah Valley, dengan kontur lahan yang sangat bervariasi, yang merupakan potensi sekaligus permasalahan yang harus diselesaikan dalam perancangan. Perancangan dilakukan dengan merancang ruang-ruang yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar secara maksimal, baik ruang luar maupun ruang-ruang dalam, dengan mempelajari kondisi tapak secara mendalam dan menganalisis metode pendidikan Sekolah Alam dan mengidentifikasi kebutuhan ruang yang diperlukan. Konsep perancangan yang diambil adalah Harmoni Perbedaan dalam Kesamaan. Kata Harmoni diwujudkan dalam penataan lansekap yang sebisa mungkin dirancang selaras dengan lingkungan alam setempat, penggunaan material yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta penataan massa yang saling diintegrasikan satu sama lain. Konsep Perbedaan dalam Kesamaan merupakan perwujudan perancangan ruang-ruang belajar yang dirancang memberikan suasana belajar yang kondusif, namun memiliki variasi yang dapat merangsang sensori siswa dan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar di dalam maupun di luar ruangan.