ABSTRAK Farah Basellina Safira
PUBLIC Alice Diniarti
COVER Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni merupakan fasilitas penyeberangan yang
menghubungkan Pulau Sumatera dan Jawa yang terletak di Bakauheni, Lampung.
Kawasan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni secara umum terbagi atas tiga yaitu
terminal penumpang, parkir dan jalan raya pelabuhan, serta dermaga. Tugas akhir
ini berfokus pada desain struktur bawah yakni pondasi tiang bor terminal
penumpang, perbaikan tanah area parkir dan jalan raya pelabuhan, serta dinding
penahan tanah dermaga.
Tahapan awal desain dimulai dari interpretasi data tanah sesuai berdasarkan hasil
pengujian di lapangan dan laboratorium. Berdasarkan data tanah ini dilakukan
desain untuk pondasi tiang bor, perbaikan tanah, dan dinding penahan tanah. Desain
pondasi dilakukan secara bertahap dimulai dari analisis daya dukung tiang tunggal
untuk aksial dan lateral, analisis kapasitas kelompok tiang, analisis settlement serta
differential settlement, dan terakhir penulangan untuk tiang bor dan pile cap. Desain
pondasi dilakukan dengan perhitungan manual maupun analisis software mencakup
LPILE, GROUP, spColumn, dan ETABS. Pada desain perbaikan tanah untuk
fasilitas parkir dan jalan raya pelabuhan dimulai dari analisis kondisi tanah
subgrade, menentukan kebutuhan perbaikan tanah dan metode yang dapat
dilakukan, menentukan spesifikasi material perbaikan tanah, dan analisis settlement
pada tanah yang telah diperbaiki dalam memikul beban-beban lalu lintas pada
perkerasan. Selanjutnya untuk desain dinding penahan tanah dimulai dari analisis
kondisi tanah dan batimetri, preliminary design kedalaman penetrasi dinding
penahan tanah, desain sistem penunjang berupa ground anchor, dan dilakukan
pemodelan pada PLAXIS untuk memastikan terpenuhinya kriteria desain.
Proses dan hasil desain struktur bawah Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni telah
sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia yaitu SNI 8460-2017 tentang
Persyaratan Perancangan Geoteknik.