digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Farah Basellina Safira
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Farah Basellina Safira
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni merupakan fasilitas penyeberangan yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Jawa yang terletak di Bakauheni, Lampung. Kawasan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni secara umum terbagi atas tiga yaitu terminal penumpang, parkir dan jalan raya pelabuhan, serta dermaga. Tugas akhir ini berfokus pada desain struktur bawah yakni pondasi tiang bor terminal penumpang, perbaikan tanah area parkir dan jalan raya pelabuhan, serta dinding penahan tanah dermaga. Tahapan awal desain dimulai dari interpretasi data tanah sesuai berdasarkan hasil pengujian di lapangan dan laboratorium. Berdasarkan data tanah ini dilakukan desain untuk pondasi tiang bor, perbaikan tanah, dan dinding penahan tanah. Desain pondasi dilakukan secara bertahap dimulai dari analisis daya dukung tiang tunggal untuk aksial dan lateral, analisis kapasitas kelompok tiang, analisis settlement serta differential settlement, dan terakhir penulangan untuk tiang bor dan pile cap. Desain pondasi dilakukan dengan perhitungan manual maupun analisis software mencakup LPILE, GROUP, spColumn, dan ETABS. Pada desain perbaikan tanah untuk fasilitas parkir dan jalan raya pelabuhan dimulai dari analisis kondisi tanah subgrade, menentukan kebutuhan perbaikan tanah dan metode yang dapat dilakukan, menentukan spesifikasi material perbaikan tanah, dan analisis settlement pada tanah yang telah diperbaiki dalam memikul beban-beban lalu lintas pada perkerasan. Selanjutnya untuk desain dinding penahan tanah dimulai dari analisis kondisi tanah dan batimetri, preliminary design kedalaman penetrasi dinding penahan tanah, desain sistem penunjang berupa ground anchor, dan dilakukan pemodelan pada PLAXIS untuk memastikan terpenuhinya kriteria desain. Proses dan hasil desain struktur bawah Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni telah sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia yaitu SNI 8460-2017 tentang Persyaratan Perancangan Geoteknik.