Article Details

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MARKET SHARE BANK SYARIAH DI INDONESIA

Oleh   Atika Siti Aminah [29117368]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Ir. Drs. H. Arson Aliludin SE, DEA
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Pangsa Pasar, total aset, Dana Pihak Ketiga, biaya operasional, CAR, BOPO, FDR, NPF, jumlah kantor, dan ROA, Pembiayaan
Sumber :
Staf Input/Edit : Yose Ali Rahman  
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-09-14 10:08:41

Bank Syariah adalah bank yang melakukan kegiatan operasional berdasarkan prinsip syariah. Di Indonesia dikenal sebagai perbankan syariah, prinsip-prinsip syariah adalah perjanjian berdasarkan hukum Islam. Salah satu kegiatan perbankan syariah yang penting adalah distribusi dana. Distribusi dana di bank konvensional disebut kredit, sedangkan distribusi dana di bank syariah disebut pembiayaan. Kemajuan pangsa pasar perbankan syariah tidak terlepas dari pengembangan dana pihak ketiga (DPK), semakin banyak dana pihak ketiga (DPK), semakin banyak peluang untuk menyalurkan dana ke pelanggan. hal Penting bagi perbankan shariah untuk meningkatkan pangsa pasar dalam ekonomi makro adalah penggunaan berbagai produk dan instrumen keuangan syariah yang dapat memperkuat hubungan antara sektor riil dan sektor perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pangsa pasar pada Bank Syariah di Indonesia. Data bersumber dari laporan triwulanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bank Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia dari Maret 2008 - Desember 2018. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel panel Ordinary Least Square (OLS) . Hasil penelitian variabel independen pangsa pasar total aset, dan jumlah pangsa pasar kantor berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar pembiayaan dan pangsa pasar Dana Pihak Ketiga, sedangkan proporsi ROA dan FDR berpengaruh signifikan terhadap Pangsa Pasar Dana Pihak Ketiga . Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji T dan uji F pada Pembiayaan pangsa pasar, diperoleh hasil F-hitung> F-tabel (14,899> 2,112) dan probabilitas 0,000 F-tabel (9,856> 2,112) dan probabilitas 0,000