digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan industri game global berkembang pesat dan menciptakan potensi bisnis dengan nilai luar biasa, termasuk di Indonesia. Pasar game Indonesia berada di 20 negara teratas dengan pendapatan game dengan pertumbuhan yang signifikan dalam empat tahun terakhir. Game mobile adalah segmen terbesar pada tahun 2018, mengklaim lebih dari $ 313,6 juta yang dihabiskan konsumen untuk game mobile dari total pendapatan game di Indonesia, dikombinasikan dengan smartphone dan tablet. Ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah pasar besar dan pasar potensial bagi pengembang game. Game casual di smartphone saat ini telah menjadi sangat populer. Alasannya adalah karena tidak ada kerumitan, dan sebagian besar orang di Indonesia menginginkan game yang dapat mereka mainkan selama beberapa menit dan tidak akan kembali sampai mereka memiliki waktu luang yang lain. Game casual biasanya memiliki sedikit atau tanpa alur cerita sehingga permainan pada dasarnya adalah apa yang anda inginkan dan siapa pun dapat menikmatinya. Di Indonesia, perusahaan pengembang game semakin sadar akan popularitas hak cipta intelektual (IP) untuk membuat game mereka menonjol. Dengan mengaitkan game dengan film populer, acara TV atau karakter komik, pengembang dapat meningkatkan jumlah unduhan dan pendapatan. Pada saat yang sama, pemilik IP melihat game sebagai cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Game berbasis IP memiliki sejarah kegagalan dan kesuksesan, sehingga penting untuk memahami apa yang membuat game berlisensi menjadi hebat, dan siapa yang bermain dan menghabiskan waktu di game ini. Onet Asli adalah salah satu game kasual yang dengan lisensi IP. Penggunaan lisensi ini diharapkan dapat membantu Agate dalam memperoleh lebih banyak pengguna organik. Tahilalat sebagai komik telah dikenal banyak orang sebelumnya dan memiliki banyak pembaca yang loyal. Seiring berjalannya waktu, hasil yang diperoleh tidak cukup memuaskan. Jumlah pengunjung yang datang ke halaman store listing di play store dibandingkan dengan konversi untuk mengunduh game ini tidak menghasilkan hasil yang memuaskan. Penggunaan IP Tahilalats berdampak hanya pada peningkatan kunjungan ke halaman store listing, sedangkan dari jumlah pengunjung tersebut hanya sedikit yang mengunduh gamenya. Melalui analisis yang dilakukan di lingkungan bisnis internal dan eksternal dengan analisis pengguna menggunakan fokus diskusi kelompok dan pengujian konten menggunakan analisis varian, ditemukan bahwa untuk meningkatkan tingkat konversi, Agate perlu membuat strategi dengan cara yang tepat yang dimulai dari penargetan ulang, yang mengubah non-pengguna yang sudah menyukai komik tahilalats dan belum mengunduh game ini agar menjadi pengguna yang loyal. Kemudian strategi promosi dengan beberapa tujuan untuk meningkatkan kunjungan ke halaman store listing, dan pada akhirnya mengoptimasi halaman store listing sehingga setiap kunjungan yang berasal dari kegiatan promosi menghasilkan konversi unduhan.