digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Batara Parada.pdf ]
PUBLIC Taupik Abidin

Isu logistik truk di Indonesia saat ini adalah rendahnya utilisasi dari moda truk yang menyebabkan munculnya faktor-faktor masalah lainnya seperti pengurangan jumlah profit dan menurunnya nilai pendapatan sebagai dampak langsung dari banyaknya truk yang tidak beroperasi secara optimal. Konsep Sharing Economy, sebagai konsep yang populer saat ini diyakini mampu menjawab tantangan rendahnya utilisasi pada lingkungan bisnis logistik truk. Penelitian ini mengadopsi proses holistik untuk memahami secara detail mengenai konsep sharing economy di lingkungan industri dan memahami gambaran besar mengenai praktik umum dari konsep sharing economy dan implikasinya dalam dunia bisnis. Hasil dari gambaran umum yang didapatkan dari proses kajian pustaka tersistematis tersebut kemudian digunakan sebagai dasar untuk mengajukan solusi yang memungkinkan dalam konteks industri truk di Indonesia dengan cara memahami bentuk-bentuk solusi yang sudah pernah dilaksanakan dengan menerapkan konsep sharing economy. Studi ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan menerapkan wawancara ke pihak perusahaan truk untuk memahami permasalahan yang dialami dan mengevaluasi kemungkinan solusi yang dapat dicapai. Pemodelan System Dynamics digunakan sebagai cara untuk memberikan gambaran mengenai kemungkinan luaran dari konsep sharing economy apabila diaplikasikan dalam lingkungan industri yang diharapkan mampu untuk membangun kesepahaman mengenai manfaat dari konsep sharing economy sebagai solusi dari rendahnya utilisasi truk di kalangan pemangku kebijakan. Penelitian ini juga memberikan masukan mengenai model pengalokasian dari truk dalam konsep sharing economy dengan menggunakan GIS dan Algoritma Fruit Fly Optimization (FOA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan manfaat dari konsep sharing economy pada industri truk, dimana rata-rata utilisasi truk lebih tinggi dibandingkan rata-rata utilisasi truk pada konsep ekonomi yang umum, sebagaimana indikasi dari hasil pemodelan menggunakan system dynamics dan proses simulasi. Studi ini juga telah memberikan gambaran mengenai tata cara pengalokasi truk dalam konsep sharing economy secara optimal dengan menggunakan algoritma FOA.