Isu logistik truk di Indonesia saat ini adalah rendahnya utilisasi dari moda truk yang
menyebabkan munculnya faktor-faktor masalah lainnya seperti pengurangan jumlah
profit dan menurunnya nilai pendapatan sebagai dampak langsung dari banyaknya
truk yang tidak beroperasi secara optimal. Konsep Sharing Economy, sebagai konsep
yang populer saat ini diyakini mampu menjawab tantangan rendahnya utilisasi pada
lingkungan bisnis logistik truk. Penelitian ini mengadopsi proses holistik untuk
memahami secara detail mengenai konsep sharing economy di lingkungan industri
dan memahami gambaran besar mengenai praktik umum dari konsep sharing
economy dan implikasinya dalam dunia bisnis. Hasil dari gambaran umum yang
didapatkan dari proses kajian pustaka tersistematis tersebut kemudian digunakan
sebagai dasar untuk mengajukan solusi yang memungkinkan dalam konteks industri
truk di Indonesia dengan cara memahami bentuk-bentuk solusi yang sudah pernah
dilaksanakan dengan menerapkan konsep sharing economy. Studi ini mengadopsi
pendekatan kualitatif dengan menerapkan wawancara ke pihak perusahaan truk untuk
memahami permasalahan yang dialami dan mengevaluasi kemungkinan solusi yang
dapat dicapai. Pemodelan System Dynamics digunakan sebagai cara untuk
memberikan gambaran mengenai kemungkinan luaran dari konsep sharing economy
apabila diaplikasikan dalam lingkungan industri yang diharapkan mampu untuk
membangun kesepahaman mengenai manfaat dari konsep sharing economy sebagai
solusi dari rendahnya utilisasi truk di kalangan pemangku kebijakan. Penelitian ini
juga memberikan masukan mengenai model pengalokasian dari truk dalam konsep
sharing economy dengan menggunakan GIS dan Algoritma Fruit Fly Optimization
(FOA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan manfaat dari konsep sharing economy
pada industri truk, dimana rata-rata utilisasi truk lebih tinggi dibandingkan rata-rata
utilisasi truk pada konsep ekonomi yang umum, sebagaimana indikasi dari hasil
pemodelan menggunakan system dynamics dan proses simulasi. Studi ini juga telah
memberikan gambaran mengenai tata cara pengalokasi truk dalam konsep sharing
economy secara optimal dengan menggunakan algoritma FOA.