Sharing economy merupakan konsep bisnis yang sedang berkembang dan memiliki peluang
yang besar. Untuk menjadi sukses, sharing economy companies harus menjaga keseimbangan
partisipasi tidak hanya di sisi demand namun juga sisi supply melalui strategi bisnis model
sebagai upaya meningkatkan motivasi calon pengguna dan penyedia. Pada riset ini peneliti
menganalisis strategi revenue stream atau strategi Monetizing serta strategi channel, dan
customer relationship melalui website perusahaan (digital platform), yang merupakan aspek
krusial pada sharing economy. hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi dan
upaya perusahaan dalam merespon teori motivasi seseorang untuk berpartisipasi pada sharing
economy yang dapat menjadi rujukan prusahaan yang sudah ada atau yang baru mau mulai
dalam bidang sharing economy ini. peneliti menggunakan secondary data yang diperoleh dari
website perusahaan maupun dari artikel. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah 1. Daftar
perusahaan sharing economy di Indonesia dan internasional yang terbagi kedalam enam sector
(keuangan, ruang, transportasi, layanan, makanan, & barang) namun di Indonesia belum ada
perusahaan yang bergerak di bidang makanan yang memenuhi definisi sharing economy secara
utuh. 2) Daftar strategi revenue stream model dan strategi monetizing perusahaan sharing
economy. diketahui dari itu tidak ada kesamaan yang sempurna dari setiap perusahaan di setiap
sector dalam hal strategi monetizing nya namun dalam hal strategi revenue stream model,
didapatkan pola bahwa perusahaan menetapkan biaya komisi pada penyedia dan menetapkan
biaya transaksi kepada pengguna. 3) daftar (mapping) strategi atau upaya perusahaan
berdasarkan indicator motivasi. Diketahui bahwa tidak ada kesamaan strategi yang sempurna.
Namun diketahui pola di setiap sektor yang berarti adanya kesamaan dari semua perusahaan di
sektor tersebut di beberapa indikator. Dan juga ada beberapa indicator yang dilakukan tidak
hanya di beberapa sektor namun secara keseluruhan. Hal ini dapat menjadi dasar penetapan
minimal strategi bagi perusahaan sharing economy secara umum atau di sektor tertentu secara
spesifik.