digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada tahun 2015, industri apparel telah berkontribusi 18,15% dari ekonomi kreatif negara. Dan pada tahun 2018, apparel adalah salah satu dari kategori barang dan jasa yang paling diminati oleh orang Indonesia. Namun, tidak mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan dalam suatu produk apparel dapat menghasilkan proses eksperimen yang lama dan produk yang tidak pas. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi preferensi pelanggan terhadap apparel dengan menggunakan atribut produknya. Sebanyak 408 responden telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Peneliti ini menggunakan non-probability sampling dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Analisis Conjoint digunakan untuk menganalisis preferensi responden terhadap produk menggunakan atribut dan level yang dijadikan dalam bentuk kartu kombinasi, sehingga hasil penelitian dapat dijadikan input bagi perusahaan fashion . Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi produk pakaian sesuai dengan pelanggan berdasarkan atributnya adalah pakaian oversized berwarna netral yang menampilkan gaya atau siluet feminin atau maskulin. Hasil lain mengungkapkan bahwa atribut produk yang paling penting menurut preferensi pelanggan adalah warna. Peneliti merekomendasikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi lebih banyak atribut produk yang dapat mempengaruhi preferensi pelanggan.