digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

2019 TA PP NADYA HANGGANA RARAS RINANDYA 1 BAB 8.pdf ]
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

2019 TA PP NADYA HANGGANA RARAS RINANDYA 1 BAB 9.pdf ]
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Nadya Hanggana Raras Rinandya
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Well Harvest Winning Alumina Refinery merupakan perusahaan pengolahan alumina, untuk memfasilitasi kegiatan distribusinya membutuhkan terminal khusus di Kabupaten Kendawangan, Provinsi Kalimantan Barat. Komoditas yang ada di terminal khusus ini berupa dry bulk dan general cargo. Terminal khusus ini membutuhkan struktur warehouse yang akan difungsikan sebagai kantor serta penyimpanan general cargo dan struktur dermaga sebagai tempat menambatkan kapal. Perancangan warehouse didominasi bahan baja, tetapi pada beberapa titik kolom digunakan penampang komposit untuk meningkatkan kekakuan struktur serta mempertimbangkan syarat kelangsingan kolom. Struktur warehouse ini dilakukan optimasi untuk mencapai struktur dengan biaya yang optimal tetapi tetap memperhatikan kekuatan dan persyaratan struktur tahan gempa. Penampang rafter dioptimasi sehingga dipilih penampang castellated. Pemodelan warehouse ini dilakukan pada aplikasi SAP serta dicek ulang kekuatan dan analisis struktur tahan gempa secara manual. Perancangan struktur dermaga digunakan tipe wharf, dengan bahan didominasi beton. Pier yang digunakan pada perancangan ini berupa PC spun pile fabrikasi. Beban pada struktur ini juga memperhatikan beban mooring dan berthing yang diakibatkan oleh kapal yang berlabuh pada dermaga, dengan kapal yang diperhitungkan adalah kapal terbesar yang direncanakan pada pelabuhan ini yaitu kapal 8000 DWT. Struktur dermaga berupa portal dimodelkan dengan aplikasi SAP serta dilakukan analisis struktur secara manual.